Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2022, 13:15 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nomor atau akun WhatsApp (WA) bisa saja diblokir oleh orang lain dengan berbagai alasan. WhatsApp sendiri memang menyediakan fitur untuk memblokir nomor orang lain agar tidak bisa mengirim pesan kepada pengguna yang memblokir.

Untuk mengetahui apakah akun atau nomor WA kita diblokir seseorang sebenarnya cukup mudah. Biasanya, akun WA yang diblokir punya ciri-ciri tersendiri.

Tanda nomor WA atau akun WA diblokir orang lain juga cukup mudah dikenali. Pengguna bisa melihat tanda-tanda nomor WA diblokir saat mencoba mengirim chat kepada pengguna yang diduga telah memblokir kita.

Nah, KompasTekno kali ini akan merangkum enam tanda atau ciri-ciri nomor WA kita diblokir seseorang.

Keenam ciri-ciri akun WA kita diblokir seseorang ini bisa diketahui apabila kita melihat informasi akun, mengirimkan pesan, menelepon, hingga melihat status WA akun yang kita curigai sudah memblokir nomor kita.

Baca juga: Ramai Akun WA Diblokir Sementara gara-gara Pakai WhatsApp GB, Ini Penjelasannya

Adapun KompasTekno membuktikan keenam ciri-ciri ini dengan mencoba mengirim pesan, melihat aktivitas, serta menelepon suatu akun WA bernama "Akun yang Memblokir Kita", di mana akun WA ini telah memblokir akun WA utama kami.

Ciri-ciri akun WA kita diblokir seseorang

1. Tidak ada status "Last seen" dan "Online"

Ciri-ciri akun WA kita diblokir seseorang, tidak ada status Last seen dan Online.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ciri-ciri akun WA kita diblokir seseorang, tidak ada status Last seen dan Online.
Ciri-ciri pertama akun kita diblokir seseorang adalah akun WA kita tidak bisa melihat status terakhir membuka WhatsApp alias "Last seen", serta status aktif alias "Online" dari akun WA yang memblokir kita.

Meski demikian, hal itu bukan penanda utama bahwa akun kita diblokir oleh orang lain. Sebab, status last seen dan online bisa saja disembunyikan oleh akun WA yang kita curigai, tentunya demi melindungi privasinya.

Selain itu, status last seen dan online orang lain juga tak akan bisa kita lihat apabila kita menonaktifkan kedua fitur tersebut di halaman pengaturan privasi WhatsApp.

2. Tidak ada foto profil

Ciri-ciri akun WA kita diblokir seseorang, tidak bisa melihat foto profil.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ciri-ciri akun WA kita diblokir seseorang, tidak bisa melihat foto profil.
Ciri-ciri akun WA kita diblokir seseorang yang kedua adalah tidak tampak adanya foto profil sebuah akun WA.

Nah, jika akun WA yang kita curigai tidak memiliki foto profil, alias menampilkan gambar orang berwarna abu-abu, maka ada kemungkinan akun atau nomor WA kita telah diblokir orang tersebut. 

Namun, sama seperti last seen dan online, hal ini bukan berarti akun WA kita diblokir oleh akun WA yang kita curigai.

Sebab, foto profil bisa disembunyikan dari orang lain, atau kontak kita tidak disimpan oleh orang yang kita curigai.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com