Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal Ini Hanya Bisa Dilakukan Admin Komunitas di WhatsApp

Kompas.com - 26/11/2022, 19:16 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Awal November ini, WhatsApp resmi menggelontorkan fitur Community (Komunitas) di aplikasinya. Fitur Komunitas ditandai dengan ikon tiga orang karakter yang muncul di samping tab Chats.

Seperti namanya, Community atau Komunitas merupakan fitur yang dapat menghubungkan beberapa grup yang sesuai dengan minat atau topik berkaitan menjadi satu grup besar.

Bedanya dengan grup WhatsApp terletak pada interaksi yang dilakukan. Grup WhatsApp memungkinkan anngotanya untuk saling berkirim pesan, berkomentar secara bebas, sedangkan Community WhatsApp bersifat satu arah.

Hal ini dikarenakan komunitas tersebut diatur dan “diketuai” oleh admin. Hanya admin Community saja yang dapat mengirimkan pesan kepada seluruh anggotanya. Bisa dibilang fitur Komunitas ini cocok untuk mengirim pengumuman-pengumuman tertentu.

Baca juga: Muncul Tab Komunitas di WhatsApp, Apa Kegunaannya?

Selain itu, admin juga dapat memilih grup mana saja yang ingin dijadikan bagian dari Komunitas tersebut. Selain menambahkan grup lain ke dalam Komunitas, admin juga dapat menghapus grup dari Komunitas tersebut.

Nah, berikut ini adalah empat hal yang hanya bisa dilakukan admin Komunitas atau Community di WhatsApp, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari halaman resmi Whatsapp, Sabtu (26/11/2022).

1. Mengangkat dan memberhentikan admin lain

Seorang admin Komunitas dapat mempromosikan hingga memberhentikan atau menambah anggota komunitas lainnya sebagai admin. Admin juga dapat mengatur dan mengelola informasi komunitas, seperti nama grup, deskripsi, foto profil, dan sebagainya,

2. Menambah dan menghapus grup

Seperti admin grup WhatsApp pada umumnya, pengelola grup pun dapat memilih grup mana saja yang ingin digabung ke dalam grup besar. Apabila ada grup kecil dalam Komunitas yang dirasa ingin dihapus, admin pun dapat melakukan hal tersebut.

Ringkasnya, admin dalam melakukan manajemen grup dengan membentuk grup baru, menambahkan grup yang sudah ada, hingga menghapus grup dari komunitas.

3. Moderasi anggota

Selain dapat memanajemen grup-grup kecil yang ada, admin juga dapat melaporkan dan menghapus peserta yang melanggar atau dianggap mengganggu grup. Misalnya, peserta yang menggunakan kata-kata kasar, mengandung SARA, pornografi, dan sebagainya dapat dihapus/dikeluarkan dari Komunitas.

Baca juga: Cara Membuat dan Bagikan Link Grup WhatsApp Komunitas

4. Menonaktifkan komunitas

Jika Komunitas yang sudah dibentuk ingin dinonaktifkan, hal tersebut dapat dilakukan oleh admin. Namun, perlu dicatat bahwa hanya admin yang dapat menonaktifkan Komunitas yang sudah dibentuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com