Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna iPhone "Ex Inter" di Indonesia Keluhkan Kena Blokir

Kompas.com - Diperbarui 29/11/2022, 06:50 WIB

KOMPAS.com - Belakangan, sejumlah pengguna iPhone mengeluh ponsel yang mereka gunakan "No Service" alias tidak dapat terhubung dengan jaringan operator seluler.

iPhone yang mendadak hilang sinyal itu adalah iPhone "ex-inter" atau iPhone bekas dari luar negeri yang masuk ke Indonesia.

Penyebab iPhone "ex-inter" itu hilang sinyal diduga karena nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) perangkat menjadi tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Sehingga, nomor IMEI iPhone tersebut diblokir dan tidak mendapat sinyal ketika digunakan di Tanah Air.

Salah satu pengguna iPhone "ex-inter" yang hilang sinyal adalah Sela. Perempuan yang bermukim di wilayah Sleman, Yogyakarta, menggunakan iPhone 11 "ex-inter".

Baca juga: 4 Penyebab Jaringan Seluler iPhone Tidak Ada Layanan atau “No Service”

Menurut pengakuan Sela, awalnya, pemakaian iPhone "ex-inter" ini tidak ada kendala. Namun, pada satu ketika, saat Sela sedang bermain game di iPhone tersebut, tiba-tiba jaringan selulernya hilang. Sela melihat tulisan “No Service” muncul di bar sinyal.

“Blokirnya tiba-tiba. Posisi lagi main hape seperti biasa, tiba-tiba jaringannya hilang gitu, loh. No service,” kata Sela kepada KompasTekno.

Selain Sela, pengguna iPhone "ex-inter" bernama Fitri juga mengalami hal serupa. Ia menggunakan iPhone "ex-inter" model iPhone XR (128 GB). Saat dibeli pada Juni lalu, iPhone miliknya masih bisa menangkap sinyal operator seluler by.U (Telkomsel) dan digunakan dengan normal.

Namun, pada 12 September, iPhone XR "ex-inter" miliknya tak mendapatkan sinyal lagi.

Pengguna iPhone ex-inter lain berinisal GL yang berdomisili di Jakarta juga mengatakan hal serupa. Menurut pengakuan GL, iPhone XS Max "ex-inter" miliknya mengalami hilang sinyal setelah tiga bulan dibeli.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.