BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Mau Jadi Gamer Profesional? Simak Dulu Tip Berikut

Kompas.com - 28/11/2022, 17:45 WIB
Aningtias Jatmika,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Industri gaming sedang mengalami perkembangan pesat, termasuk di Indonesia. Jumlah pencinta game pun terus meningkat secara signifikan, terlebih ketika pandemi Covid-19.

Laporan bertajuk “Digital 2022 April Global Statshot Report" yang dirilis HootSuite dan We Are Social menyebutkan bahwa 95,4 persen pengguna internet di Indonesia memanfaatkan internet untuk bermain game.

Angka itu menempatkan Indonesia pada urutan kedua dalam daftar negara dengan pengguna internet yang paling banyak bermain game.

Dari angka tersebut, sebanyak 67 persen gamer memilih menggunakan smartphone sebagai perangkat untuk bermain game.

Semula, bermain game hanya menjadi salah satu hiburan bagi masyarakat. Seiring waktu berjalan, aktivitas ini memunculkan profesi yang menjanjikan. Bahkan, game telah diakui sebagai cabang olahraga yang dikenal dengan sebutan e-sport.

Jika digeluti secara serius, pemain game bisa menjadi atlet profesional e-sport dan berpotensi mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta rupiah setiap bulan.

Presiden Indonesia E-sports Premier League (IEPL) Giring Ganesha Djumaryo mengatakan bahwa tak sedikit pemain game profesional mendapat bayaran di atas Rp 20 juta setiap bulan.

“Atlet e-sport nasional yang bermain di kancah internasional bahkan memiliki gaji Rp 70-100 juta per bulan,” ujar Giring seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (28/1/2022).

Rajin berlatih dan ikut kompetisi

Meski menjanjikan, banyak hal perlu dipersiapkan gamer pemula untuk memiliki penghasilan tinggi dari aktivitas tersebut.

Salah satu cara yang paling efektif untuk menjadi gamer profesional adalah aktif di berbagai turnamen. Mulailah dari turnamen lokal dalam skala kecil. Kemudian, lanjut ke kelas rookie dan amatir.

Dengan mengikuti turnamen, nama gamer bisa tercatat pada leaderboard. Hal ini semakin mudah diraih jika gamer aktif bermain dan memiliki skill tinggi.

Jika pengalaman dan skill semakin terasah, gamer akan lebih siap untuk bertanding pada turnamen profesional.

Berikutnya, gamer sebaiknya fokus pada satu game. Dengan konsistensi dan tekun berlatih, gamer akan semakin menguasai game tersebut dan siap untuk berkompetisi secara profesional.

Jika cukup percaya diri dengan skill e-sport yang dimiliki, gamer juga bisa mengikuti seleksi dari beberapa tim e-sport yang membuka lowongan (open recruitment).

Tim-tim tersebut akan menyeleksi kandidat terbaik untuk mengisi roster turnamen. Oleh sebab itu, gamer harus mempersiapkan diri dengan matang. Pasalnya, seleksi tersebut diikuti oleh banyak gamer yang memiliki skill dan jam terbang tinggi.

Hal lain yang tak kalah penting adalah melengkapi diri dengan peralatan atau gaming gear mumpuni. Dengan peralatan pendukung, aktivitas gaming, baik kasual maupun profesional, dapat berjalan lebih maksimal.

Salah satu gaming gear wajib untuk para gamer adalah perangkat audio, misalnya true wireless stereo (TWS). Selain menghadirkan suara game secara lebih profesional, TWS juga membantu memudahkan gamer untuk berkomunikasi saat bermain bersama tim.

Oppo Enco Air2 ProDok. Oppo Oppo Enco Air2 Pro

Saat ini, beragam jenis TWS tersedia di pasaran. Namun, tidak semua TWS bisa mendukung keperluan bermain game. Sebagai rekomendasi, gamer bisa memilih TWS Oppo Enco Air2 Pro untuk aktivitas gaming, baik kasual maupun profesional.

Untuk diketahui, TWS teratas dari Oppo itu memiliki driver diafragma besar titanized 12,4 milimeter (mm). Driver ini memiliki area getaran 89 persen lebih besar ketimbang driver TWS biasa yang umumnya berukuran 9 mm.

Dengan demikian, TWS itu dapat menghasilkan suara bas yang lebih dalam, rentang suara yang lebih luas, serta pengalaman audio yang lebih dalam dan nyata.

Kemudian, Oppo Enco Air2 Pro juga memiliki latensi game ultrarendah sebesar 94 milisecond (ms) kubik. Dengan latensi audio yang lebih sedikit, gamer dapat mendengarkan suara permainan tanpa mengalami gangguan suara yang terlambat atau delay.

Demi mengurangi kebisingan di sekitar lokasi, Oppo Enco Air2 Pro juga dilengkapi dengan fitur Active Noise Cancellation (ANC). Fitur ini mengusung mode Transparansi sehingga gamer tetap dapat berbicara tanpa melepas perangkat.

Oppo Enco Air2 Pro dapat melakukan pengaturan audio melalui perangkat TWSDok. Oppo Oppo Enco Air2 Pro dapat melakukan pengaturan audio melalui perangkat TWS

Cara untuk mengaktifkan mode tersebut pun terbilang mudah. Cukup sentuh dan tahan earbud untuk beralih dari mode ANC dan Transparansi.

Bagi gamer, ketahanan baterai perangkat penunjang game juga merupakan hal krusial. Pasalnya, hal ini dapat menunjang aktivitas game yang cenderung mengonsumsi daya baterai besar.

Untuk itu, Oppo Enco Air2 Pro hadir dengan baterai berkapasitas besar yang dapat bertahan hingga 7 jam pemakaian dan 28 jam dengan casing pengisi daya.

Selain itu, Oppo Enco Air2 Pro juga dapat mengisi daya baterai dengan cepat. Sebagai contoh, dengan pengisian daya selama 10 menit, TWS ini mampu mendengarkan musik hingga 2 jam.

Fitur lain yang tak kalah canggih dari Oppo Enco Air2 Pro adalah Open-up Flash Connect. Dengan fitur ini, Oppo Enco Air2 Pro dapat terhubung secara otomatis saat pengguna membuka casing. Dengan demikian, gamer dapat masuk ke dalam permainan secara cepat dan praktis.

Sebagai informasi, Oppo Enco Air2 Pro memiliki dua varian warna, yakni putih dan abu-abu. Perangkat seharga Rp 1.099.000 ini bisa dibeli secara daring di seluruh e-commerce di Indonesia dan aplikasi Oppo Store.

Selain online, Oppo Enco Air2 Pro juga bisa didapatkan di jaringan Oppo Store dan partner retail resmi Oppo di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Oppo Enco Air2 Pro, silakan klik tautan ini.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com