Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone "Ex-inter" Dijual Lebih Murah Rp 1 Juta, tapi Berisiko Terblokir

Kompas.com - 29/11/2022, 10:31 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini sejumlah pengguna iPhone melaporkan ponsel mereka hilang sinyal. Konon, hilangnya sinyal di iPhone itu disebabkan karena nomor IMEI perangkat menjadi tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian.

Alhasil, IMEI perangkat itu pun diblokir dan tidak bisa mendapat sinyal operator seluler di Indonesia.

Usut punya usut, iPhone yang hilang sinyal itu adalah iPhone second "ex-inter". Istilah iPhone "ex-inter" ini berarti iPhone tersebut adalah barang second yang diimpor dari luar negeri, kemudian dijual lagi di Indonesia.

Dalam beberapa kasus iPhone "ex-inter" ini, IMEI iPhone yang dijual terkadang awalnya sudah terdaftar di database Kemenperin. Namun selang beberapa waktu, IMEI tersebut tak lagi terdaftar di Kemenperin sehingga membuatnya diblokir.

Meski berisiko terblokir, iPhone "ex-inter" ini kerap menjadi pilihan alternatif saat anggaran terbatas. Pasalnya, banderol harga iPhone "ex-inter" ini lebih murah.

Baca juga: Pengguna iPhone Ex Inter Ramai Keluhkan No Service, IMEI Kena Blokir?

Fitri, salah satu pengguna iPhone "ex-inter" mengatakan bahwa ponsel tersebut memang dijual dengan harga lebih murah. Dibanding iPhone bekas dari distributor resmi di Indonesia seperti iBox, selisihnya bisa sekitar Rp 700.000 - Rp 1 juta.

Fitri membeli iPhone XR "ex-inter" di salah satu toko ritel di Yogyakarta pada Juni lalu. Harganya dibanderol Rp 4,6 juta untuk iPhone XR "ex-inter" dengan memori 128 GB.

Pantauan KompasTekno di marketplace, harga iPhone XR 128 GB dibanderol mulai dari Rp 5 juta-6,7 jutaan.

Pengakuan senada juga diungkap GL, pembeli iPhone XS Max yang berlokasi di Jakarta. Alasannya membeli iPhone "ex-inter" juga serupa, karena terbentur masalah biaya dan uang yang dimiliki pas-pasan. Oleh karena itu, iPhone "ex-inter" inilah yang menjadi pilihannya saat itu.

“Alasan beli karena budget pas-pasan untuk HP ini dan juga untuk iPhone ex-iBox sedang tidak ada,” jelas GL kepada KompasTekno, Kamis (24/11/2022).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.