Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Muncul di Play Store, Game Mirip Free Fire (FF) Sigma Battle Royale Kini Hilang, Ada Apa?

Kompas.com - 30/11/2022, 11:16 WIB

KOMPAS.com - Belum lama ini, dunia maya dihebohkan dengan game terbaru buatan Studio Arm yang berjudul Sigma Battle Royale.

Game ini menjadi perbincangan para gamer lantaran memiliki tampilan visual, karakter, hingga gameplay yang disebut sangat mirip dengan game battle royale populer keluaran Garena, Free Fire (FF).

Beberapa hari lalu, Studio Arm terpantau resmi merilis Sigma Battle Royale di toko aplikasi ponsel Android, yaitu Google Play Store dalam versi akses awal (Early Access).

Namun, saat ini tepatnya pada Selasa (29/11/2022) siang, game tersebut tampaknya sudah hilang dan tidak bisa ditemukan lagi di Play Store.

Ketika KompasTekno mencari game itu dengan kata kunci "Sigma Battle Royale", kami hanya menemukan beberapa game yang memiliki nama serupa seperti Battle Royale 3D, Clash Royale, Grand Battle Royale: Pixel FPS, dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Free Fire lewat Akun Facebook

Menurut rumor yang beredar, Sigma Battle Royale hilang dari Play Store karena permintaan dari Garena sendiri, yang ingin game tersebut dihapus dari sana, boleh jadi karena game itu merupakan game tiruan Free Fire. Meski demikian, rumor ini ternyata tidak tepat.

Dihapus karena langgar kebijakan Google?

Ilustrasi gameplay Sigma Battle Royale.FreeFireMania Ilustrasi gameplay Sigma Battle Royale.

Berdasarkan informasi eksklusif yang didapatkan oleh situs web berbahasa Portugis Brasil yang biasa membagikan informasi seputar game Free Fire, yaitu FreeFireMania.com.br, Sigma Battle Royale hilang dari Play Store karena dihapus oleh Google sendiri.

Menurut sumber yang mereka dapatkan, Sigma Battle Royale telah melanggar kebijakan Google Developer Program terkait kesamaan konten dengan game lainnya yang ada di Play Store, yaitu FF.

"Game 'com.studioarm.sigma' mengandung beberapa konten yang mirip dengan konten Garena Free Fire," tulis Google, dikutip KompasTekno dari FreeFireMania, Selasa (30/11/2022). 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.