Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S23 Meluncur Awal Februari Tahun Depan?

Kompas.com - 30/11/2022, 13:04 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bocoran keberadaan ponsel flagship Samsung Galaxy S23 series terus bermunculan. Kini, jajaran ponsel kelas atas itu disebut akan meluncur pada awal Februari 2023 mendatang.

Kabar ini datang dari media asal Korea, Korea JoongAng Daily, yang mengutip sumber dalam industri. Disebutkan juga bahwa ajang "Unpacked" pada awal Februari 2023 tersebut akan digelar secara offline.

Ini adalah pertama kalinya setelah dua tahun terakhir peluncuran lini Galaxy S digelar secara virtual atau online. Terakhir kali Samsung menggelar peluncuran Galaxy S secara tatap muka penuh adalah pada 2020 lalu ketika merilis Galaxy S20 series.

Selain waktu, lokasi peluncuran Samsung Galaxy S23 series disebut masih akan sama seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu di San Francisco, Amerika Serikat (AS). 

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Pakai Chip Snapdragon 8 Gen 2 Istimewa?

Meski demikian, sumber dalam industri tersebut tidak menyebutkan tanggal pasti peluncuran jajaran ponsel flagship ini.

Namun, ada dugaan bahwa Samsung akan menggelar acara peluncuran tersebut pada minggu pertama Februari 2023, atau sekitar tanggal 5 Februari. Sebab, peluncuran Galaxy S22 pada awal 2022 ini juga dirilis di minggu awal Februari.

Samsung Galaxy S22 UltraSamsung Samsung Galaxy S22 Ultra

Bocoran spesifikasi Galaxy S23 series

Bocoran lainnya menyebut bahwa banderol harga dari ponsel terbaru ini akan lebih mahal dibanding pendahulunya, Galaxy S22. Konon, Galaxy S23 series bakal mengandalkan chipset teranyar dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 2.

Pembocor gadget Ice Universe menyebut bahwa Samsung kemungkinan besar memesan chipset teranyar itu.

Dugaan itu muncul karena kecepatan clockspeed CPU pada perangkat bernomor model SM-S918B (Galaxy S23) yang tercantum di hasil Geekbench mencapai 3,36 GHz.

Memang situs benchmark tersebut tidak secara gamblang menuliskan bahwa perangkat itu ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 2, tetapi jika dilihat dari spesifikasinya, kemungkinan besar, chipset yang digunakan adalah Snapdragon 8 Gen 2.

Baca juga: Pengguna HP Samsung Bisa Terima Telepon Tanpa Perlu Bicara

Dari semua model, Galaxy S23 Ultra nantinya akan menjadi model yang paling unggul. Perangkat tersebut diprediksi bakal memiliki clockspeed yang lebih tinggi dibanding ponsel lainnya meski ditenagai chipset serupa.

Menurut database Geekbench, Galaxy S23 Ultra mampu mengantongi skor 1.594 poin untuk single core dan 4.580 poin untuk multicore. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan pendahulunya, Galaxy S22 Ultra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com