Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Binary Search, Cara Kerja, dan Keunggulannya

Kompas.com - 03/12/2022, 03:00 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Dalam algoritma pencarian terdapat enam jenis yang biasa digunakan. Diantaranya yaitu algoritma pencarian linier, algoritma pencarian biner, algoritma pencarian lompat, algoritma pencarian interpolasi, algoritma pencarian eksponensial, dan algoritma pencarian Fibonacci.

Diantara keenam jenis tersebut, algoritma pencarian linear dan biner adalah yang paling populer. Banyak orang menggunakan kedua jenis tersebut karena keunggulannya. Lantas apa yang dimaksud dengan Binary Search atau pencarian biner?

Selengkapnya berikut ini KompasTekno akan mengupas terkait pengertian, cara kerja, dan keunggulan algoritma pencarian biner.

Baca juga: Cara Kerja Search Engine dalam Menentukan Hasil Pencarian

Pengertian Binary Search

Sebelum memahami pengertian dari algoritma pencarian biner, mari kupas terlebih dahulu mengenai kata “pencarian” dalam kalimat “algoritma pencarian biner”.

Pencarian dalam konteks kalimat tersebut merujuk pada suatu pengertian yakni utilitas yang memungkinkan penggunanya menemukan dokumen, file, media, atau jenis data lainnya yang disimpan dalam database.

Cara kerja pencarian menggunakan prinsip sederhana yakni dengan mencocokkan kriteria dengan rekaman dan menampilkannya kepada pengguna. Sementara pencarian biner adalah jenis algoritma lanjutan yang menemukan dan mengambil data dari daftar item yang diurutkan.

Umumnya algoritma pencarian biner dikenal sebagai pencarian setengah interval atau pencarian logaritmik. Metode pencarian biner merupakan salah satu metode yang cepat dan efisien untuk menemukan nilai target tertentu dari sekumpulan item yang dipesan.

Hal ini dikarenakan cara kerja algoritma pencarian biner yang memulai di tengah daftar yang diurutkan. Maka hal tersebut secara efektif memotong setengah ruang pencarian dengan menentukan apakah akan naik atau turun daftar berdasarkan nilai median.

Cara kerja Binary Search

Algoritma pencarian biner bekerja dengan melibatkan pembagian data dalam daftar menjadi setengah hingga nilai yang diperlukan ditemukan. Kemudian ditampilkan kepada pengguna dalam hasil pencarian.

Ada dua metode yang dapat digunakan dalam algoritma pencarian biner, yakni metode iterasi dan rekursif. Metode iterasi adalah metode perulangan, sedangkan metode rekursif adalah metode yang mengikuti pendekatan bagi dan taklukkan.

Berikut langkah-langkah dalam kerja algoritma pencarian biner

  • Proses pencarian dimulai dengan menempatkan elemen tengah dari larik data yang diurutkan Setiap data yang menggunakan algoritma pencarian biner harus diurutkan terlebih dahulu, sehingga baru bisa melanjutkan proses kerja selanjutnya. Apabila data belum urut, maka data yang ada perlu diurutkan lebih dahulu
  • Kemudian nilai kunci dibandingkan dengan elemennya
  • Apabila nilai kunci lebih kecil dari elemen tengah, maka penelusuran akan menganalisis nilai atas hingga elemen tengah untuk perbandingan dan pencocokan
  • Akan tetapi, apabila nilai kunci lebih besar dari elemen tengah, maka penelusuran menganalisis nilai yang lebih rendah ke elemen tengah untuk perbandingan dan pencocokan

Baca juga: Pengertian Search Engine, Cara kerja, Fungsi, dan Contohnya

Keunggulan Binary Search

Banyak orang menggunakan algoritma pencarian biner karena keunggulannya. Berikut sejumlah alasan yang membuat pencarian biner menjadi salah satu pilihan yang terbaik jika digunakan dalam algoritma pencarian.

  • Algoritma pencarian biner bekerja secara efisien pada data yang diurutkan terlepas dari ukuran data itu sendiri
  • Algoritma pencarian biner membuat siklus pencarian lebih pendek dan lebih akurat dengan secara acak mengakses data untuk menemukan elemen yang diperlukan. Tentunya ini sangat efisien dalam hal durasi waktu pencarian
  • Perbandingan data dalam algoritma pencarian biner diurutkan berdasarkan prinsip pengurutan daripada menggunakan perbandingan kesetaraan yang lebih lambat dan sebagian besar tidak akurat
  • Algoritma pencarian biner bekerja dengan membagi ukuran array menjadi setengah, sehingga pada iterasi berikutnya hanya akan bekerja di setengah array yang tersisa
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.