Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluncuran Xiaomi 13 Ditunda Karena China Berduka

Kompas.com - 03/12/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Xiaomi berencana meluncurkan ponsel flagship baru perusahaan bertajuk Xiaomi 13 pada awal Desember. Sayangnya peluncuran Xiaomi 13 ditunda karena berpulangnya Mantan Sekretaris Jenderal Partai Komunis China, Jiang Zemin.

Ditundanya jadwal peluncuran Xiaomi 13 juga diumumkan resmi oleh Xiaomi melalui situs Weibo. Meskipun alasan penundaannya tak dijelaskan rinci, namun informasi ini dikabarkan di tengah kabar duka Jiang Zemin.

"Dengan kerendahan hati kami mengumumkan bahwa peluncuran Mi 13 series akan ditunda. Kami akan segera menginformasikan jadwal peluncuran terbaru kepada Anda sesegera mungkin. Terimakasih atas pengertian dan dukungannya," demikian keterangan Xiaomi, dikutip KompasTekno dari platform mikroblogging Weibo via GSM Arena, Sabtu (3/12/2022).

Semula, Xiaomi 13 dijadwalkan rilis pada 1 Desember 2022 waktu China. Jadwal peluncuran Xiaomi 13 bahkan sudah diumumkan oleh Xiaomi di situs Weibo.

Baca juga: Xiaomi 13 Akan Meluncur Lebih Cepat?

Dalam kesempatan yang sama, Xiaomi juga rencananya bakal mengumumkan antarmuka generasi baru, MIUI 14 serta perangkat baru lainnya. Namun karena berpulangnya tokoh penting China, agenda tersebut urung dilaksanakan sesuai jadwal.

Xiaomi 13 sendiri bakal menjadi flagship baru Xiaomi, penerus Xiaomi 12 yang dirilis Desember tahun lalu. Seperti pendahulunya, Xiaomi 13 juga bakal hadir dalam dua model, meliputi model reguler dan model Pro, sebagaimana poster yang dibagikan Xiaomi di Weibo beberapa waktu lalu.

Kedua model Xiaomi 13 digadang-gadang menggunakan chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2. Menurut kabar yang beredar, model Pro bakal ditopang dengan RAM 8 hingga 12 GB dengan media penyimpanan 512 GB.

Unggahan Xiaomi di Weibo tentang peluncuran Xiaomi 13Xiaomi Unggahan Xiaomi di Weibo tentang peluncuran Xiaomi 13

Adapun kameranya diduga kuat akan didukung oleh teknologi pencitraan Leica, seperti ditunjukkan dalam poster Xiaomi 13 yang dibagikan perusahaan di media sosial.

Baca juga: Spesifikasi Kunci Xiaomi 13 Bocor, Pakai Snapdragon 8 Gen 2 dan Kamera Leica

Baik Xiaomi 13 maupun Xiaomi 13 Pro disebut akan hadir dengan kamera utama beresolusi 50 MP. Hanya saja, sensor kamera yang digunakan akan berbeda. Xiaomi 13 “reguler” disinyalir akan mengandalkan sensor Sony IMX800, sedangkan Xiaomi 13 Pro menggunakan sensor Sony IMX989.

Aspek tampilannya diprediksi akan didukung layar AMOLED seluas 6,12 inci, khususnya untuk model reguler. Sementara itu, Xiaomi 13 Pro akan hadir dengan layar yang lebih luas dan resolusi lebih tinggi, yakni AMOLED LTPO 6,7 inci. Kedua perangkat diyakini memiliki refresh rate 120 Hz.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.