Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Sistem Komputer dan Komponennya

Kompas.com - 05/12/2022, 03:00 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Seiring dengan perkembangan zaman komputer tidak hanya digunakan untuk kepentingan komputasi atau aktivitas yang memerlukan pengolahan data dalam jumlah yang besar.

Akan tetapi saat ini fungsi komputer lebih dari itu. Mulai dari pencatatan hingga digunakan sebagai hiburan. Sistem komputer pun mengalami perkembangan yang luar biasa.

Para ahli terus berusaha mengembangkan dan melakukan inovasi  pada sistem komputer agar penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan zaman saat ini.

Berikut KompasTekno telah merangkum pengertian sistem komputer beserta komponen-komponen yang ada dalam komputer.

Baca juga: 5 Fungsi Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa itu sistem komputer? 

Sistem komputer adalah seperangkat perangkat terintegrasi yang bisa menerima input, memprosesnya, memberikan output, serta menyimpan data dan informasi yang ada di dalamnya.

Sistem komputer memungkinkan pengguna untuk dapat memasukkan, memanipulasi, dan menyimpan data. Contoh perangkat-perangkat yang termasuk dalam sistem komputer adalah CPU, monitor, keyboard, mouse, dan berbagai komponen opsional lainnya.

Komponen sistem komputer

Semua komputer tentunya memerlukan berbagai perangkat keras untuk menunjang kerja sistem komputer. Berikut beberapa komponen dalam sistem komputer.

Memori

RAM KomputerEasy Tech Junkie RAM Komputer

Perangkat keras memori digunakan untuk menyimpan data dan program. Berdasarkan sifat penyimpanannya, terdapat dua jenis memori yakni bersifat sementara (RAM) dan bersifat permanen (ROM).

RAM merupakan perangkat keras yang biasanya terdapat dalam perangkat gadget seperti komputer, smartphone, dan laptop. Sebagai tempat penyimpanan data sementara, RAM hanya bekerja saat perangkat tersebut beroperasi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.