Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Layar HP Mendadak Jadi Warna Hijau dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kompas.com - 05/12/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Layar handphone (HP) saat ini yang kebanyakan berjenis touchscreen memiliki peran penting. Saat layar HP mengalami gangguan, pengguna mungkin bakal kerepotan untuk melakukan fungsi navigasi.

Salah satu contoh gangguan yang cukup sering terjadi di layar HP adalah warnanya berubah menjadi hijau secara tiba-tiba. Masalah layar HP hijau umum terjadi di HP dengan sistem operasi Android, tapi tak menutup kemungkinan juga di HP iOS.

Baca juga: Ramai di Twitter Layar HP Tiba-tiba Berubah Jadi Ungu, Apa Sebabnya?

Saat masalah tersebut terjadi, layar HP jadi tidak bisa menampilkan konten secara jelas. Lantas, kenapa layar HP jadi warna hijau? Secara umum terdapat dua penyebab layar HP berubah warna jadi hijau, yaitu dari segi masalah sistem software dan hardware.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah dua penyebab layar HP berubah warna jadi hijau dan cara mengatasi masalah tersebut.

Penyebab layar HP berubah warna jadi hijau dan cara mengatasinya

Masalah software

Setelah melakukan pembaruan versi sistem operasi atau memulihkan perangkat (restore), layar pada beberapa HP Android kadang bisa berubah warna jadi hijau. Dikutip dari Techinpages, gangguan ini tidak terjadi di semua HP Android.

Layar HP hijau akibat masalah software lebih sering dijumpai pada HP Android Samsung. Bila tiba-tiba mengalami gangguan serupa, cobalah untuk mematikan daya HP secara paksa dengan menekan tombol Power selama beberapa sekitar sepuluh detik.

Baca juga: Kenapa Baterai HP Tidak Mengisi Saat Dicas? Ini 5 Cara Mengatasinya

Setelah HP mati, nyalakan kembali dan lihat apakah masih layar masih diselimuti dengan warna hijau atau sudah bersih. Bila layar HP hijau masih terjadi, silakan mengulangi lagi proses mematikan daya HP secara paksa dan menyalakannya kembali.

Masalah hardware

Seandainya gangguan layar HP hijau tetap muncul meski telah melakukan cara di atas, maka kemungkinan besar telah terjadi kerusakan atau masalah pada segi hardware.
Penyebab layar HP berubah warna jadi hijau dapat ditimbulkan karena masalah hardware.

Layar HP hijau salah satunya mengindikasikan bahwa konektor layar tidak terpasang dengan baik di papan mesin utama perangkat (motherboard atau mainboard). Bila konektor tersebut longgar, tampilan layar HP sangat mungkin terganggu.

Kemudian, bisa juga mengindikasikan terjadi kerusakan pada komponen layar itu sendiri dan motherboard. Bila terjadi masalah hardware, satu-satunya cara mengatasi layar HP yang berubah warna jadi hijau adalah dengan membawanya ke teknisi atau tukang servis.

Teknisi bakal mengidentifikasi lebih lanjut kerusakan hardware yang terjadi sehingga menyebabkan layar HP hijau. Setelah itu, memberikan solusi sesuai penyebabnya, bisa mengencangkan konektor layar yang kendor atau mengganti layar baru.

Baca juga: Setop Kebiasaan Buka HP Saat Bangun Tidur, Begini Dampaknya

Demikianlah penjelasan seputar penyebab dan cara mengatasi layar HP yang berubah warna jadi hijau secara tiba-tiba, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.