Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link dan Cara Membuat Twitter Wrapped untuk Rangkum Twit yang Pernah Diunggah

Kompas.com - 07/12/2022, 10:28 WIB

KOMPAS.com - Sejak sehari kemarin, cukup ramai di linimasa Twitter pembicaraan dan unggahan pengguna mengenai Twitter Wrapped. Sebagian dari Anda mungkin juga sempat melihatnya muncul di linimasa.

Salah satu contoh bentuk Twitter Wrapped yang ramai diunggah dan dibicarakan pengguna itu bisa dilihat melalui twit dari akun dengan handle @chiovsan, sebagaimana tertera pada cuplikan di bawah ini.

Baca juga: Viral di Medsos, Ini Link dan Cara Menggunakan ChatGPT buat Jawab Aneka Pertanyaan

Selain akun tersebut, masih bisa dijumpai banyak lagi twit soal Twitter Wrapped. Jelang akhir tahun seperti ini, sudah bukan jadi hal baru apabila layanan “Wrapped” (rangkuman aktivitas pengguna) muncul di berbagai aplikasi.

Umumnya, pengembang aplikasi bakal menggelontorkan fitur “Wrapped” ke pengguna seperti Spotify Wrapped dari Spotify. Namun, untuk Twitter Wrapped yang banyak beredar seperti contoh di atas, sumbernya bukan dari pihak pengembang Twitter.

Twitter Wrapped yang banyak beredar itu merupakan buatan Floom.app, pengembang microservices (layanan API di aplikasi). Floom.app sendiri bukanlah termasuk bagian dari pihak Twitter.

Melalui Twitter Wrapped dari Floom.app, Anda bisa membuat rangkuman dari beberapa twit yang pernah diunggah secara otomatis. Rangkuman tersebut bakal tersaji dalam aneka bingkai, seperti bingkai bintang, bingkai pohon, bingkai burung Twitter, dan lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Instafest Spotify, Poster Festival Musik yang Viral di Twitter dan IG

Bila tertarik untuk mengikuti tren ini, berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat Twitter Wrapped dari Floom.app untuk merangkum kumpulan twit yang pernah diunggah.

Cara membuat Twitter Wrapped

  • Kunjungi link Twitter Wrapped dari Floom.app ini https://floom.app/ dan login akun. Bila belum punya akun Floom.app, silakan registrasi dulu dengan mendaftarkan alamat e-mail dan membuat password.
  • Setelah punya akun dan berhasil login, klik menu layanan “TwitterWrapped” yang tertera di halaman awal website.
  • Selanjutnya, masukkan username Twitter pada kolom yang tersedia. Atur pula
  • bentuk bingkai dan warna latar belakangnya yang ingin dipakai buat menampilkan rangkuman twit.
  • Pastikan akun Twitter tidak digembok (private), harus bisa dilihat semua orang (publik).
  • Kemudian, klik opsi “Order for Free” dan Floom.app bakal membuat rangkuman twit yang pernah diunggah.
  • Terakhir, hasil Twitter Wrapped yang dibuat Floom.app itu bisa diunduh dan dibagikan ke media sosial.

Ilustrasi cara membuat Twitter Wrapped dari Floom.app yang ramai dibagikan pengguna.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat Twitter Wrapped dari Floom.app yang ramai dibagikan pengguna.

Baca juga: Cara Bikin Spotify Wrapped 2022 buat Lihat Musik yang Sering Diputar Sepanjang Tahun

Cukup mudah bukan cara membuat Twitter Wrapped dari Floom.app untuk rangkum twit yang pernah diunggah? Demikianlah penjelasan seputar cara membuat Twitter Wrapped yang tengah ramai dibicarakan di linimasa Twitter, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.