Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link dan Cara Membuat Twitter Wrapped untuk Rangkum Twit yang Pernah Diunggah

Kompas.com - 07/12/2022, 10:28 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sejak sehari kemarin, cukup ramai di linimasa Twitter pembicaraan dan unggahan pengguna mengenai Twitter Wrapped. Sebagian dari Anda mungkin juga sempat melihatnya muncul di linimasa.

Salah satu contoh bentuk Twitter Wrapped yang ramai diunggah dan dibicarakan pengguna itu bisa dilihat melalui twit dari akun dengan handle @chiovsan, sebagaimana tertera pada cuplikan di bawah ini.

Baca juga: Viral di Medsos, Ini Link dan Cara Menggunakan ChatGPT buat Jawab Aneka Pertanyaan

Selain akun tersebut, masih bisa dijumpai banyak lagi twit soal Twitter Wrapped. Jelang akhir tahun seperti ini, sudah bukan jadi hal baru apabila layanan “Wrapped” (rangkuman aktivitas pengguna) muncul di berbagai aplikasi.

Umumnya, pengembang aplikasi bakal menggelontorkan fitur “Wrapped” ke pengguna seperti Spotify Wrapped dari Spotify. Namun, untuk Twitter Wrapped yang banyak beredar seperti contoh di atas, sumbernya bukan dari pihak pengembang Twitter.

Twitter Wrapped yang banyak beredar itu merupakan buatan Floom.app, pengembang microservices (layanan API di aplikasi). Floom.app sendiri bukanlah termasuk bagian dari pihak Twitter.

Melalui Twitter Wrapped dari Floom.app, Anda bisa membuat rangkuman dari beberapa twit yang pernah diunggah secara otomatis. Rangkuman tersebut bakal tersaji dalam aneka bingkai, seperti bingkai bintang, bingkai pohon, bingkai burung Twitter, dan lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Instafest Spotify, Poster Festival Musik yang Viral di Twitter dan IG

Bila tertarik untuk mengikuti tren ini, berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat Twitter Wrapped dari Floom.app untuk merangkum kumpulan twit yang pernah diunggah.

Cara membuat Twitter Wrapped

  • Kunjungi link Twitter Wrapped dari Floom.app ini https://floom.app/ dan login akun. Bila belum punya akun Floom.app, silakan registrasi dulu dengan mendaftarkan alamat e-mail dan membuat password.
  • Setelah punya akun dan berhasil login, klik menu layanan “TwitterWrapped” yang tertera di halaman awal website.
  • Selanjutnya, masukkan username Twitter pada kolom yang tersedia. Atur pula
  • bentuk bingkai dan warna latar belakangnya yang ingin dipakai buat menampilkan rangkuman twit.
  • Pastikan akun Twitter tidak digembok (private), harus bisa dilihat semua orang (publik).
  • Kemudian, klik opsi “Order for Free” dan Floom.app bakal membuat rangkuman twit yang pernah diunggah.
  • Terakhir, hasil Twitter Wrapped yang dibuat Floom.app itu bisa diunduh dan dibagikan ke media sosial.

Ilustrasi cara membuat Twitter Wrapped dari Floom.app yang ramai dibagikan pengguna.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat Twitter Wrapped dari Floom.app yang ramai dibagikan pengguna.

Baca juga: Cara Bikin Spotify Wrapped 2022 buat Lihat Musik yang Sering Diputar Sepanjang Tahun

Cukup mudah bukan cara membuat Twitter Wrapped dari Floom.app untuk rangkum twit yang pernah diunggah? Demikianlah penjelasan seputar cara membuat Twitter Wrapped yang tengah ramai dibicarakan di linimasa Twitter, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com