Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilan WhatsApp Grup Versi Desktop Berubah, Ada Foto yang Muncul

Kompas.com - 07/12/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp akhir-akhir ini rajin menambah fitur baru dan melakukan penyegaran tampilan aplikasinya. Kali ini, WhatsApp sedikit merombak tampilan di WA versi dekstop dan web.

Perubahan ini terlihat di ruang obrolan grup atau group chat, yakni dengan hadirnya foto profil anggota grup di sebelah pesan yang dikirim. Sebelumnya, foto profil ini tidak muncul di dalam percakapan grup.

Pantauan KompasTekno, tampilan baru ini sudah bisa dinikmati pengguna WhatsApp desktop maupun web di Indonesia mulai hari ini, Rabu (7/12/2022). Tampilan group chat dengan foto profil ini sudah tersedia di WhatsApp desktop dan web versi 2.2245.9.

Tampilan baru ini tampaknya belum hadir secara merata di semua pengguna. Sebab, pantauan KompasTekno, masih ada pengguna yang belum kebagian tampilan baru ini.

Baca juga: 5 Perbedaan Grup dan Komunitas WhatsApp, Mulai Komposisi Anggota hingga Cara Mengelolanya

Nantinya, foto profil pengguna bakal ikut muncul di sebelah kiri gelembung pesan (bubble chat), seperti gambar di atas.

Jadi, sekarang, pesan akan muncul lengkap dengan foto profil dan nama kontak pengguna. Tampilan ruang obrolan WhatsApp yang baru kini sangat mirip dengan tampilan ruang obrolan grup di Telegram.

Dengan munculnya foto profil di samping bubble chat, ini memungkinkan pengguna lebih mengenali pengirim pesan, terutama di grup besar dengan anggota banyak, di mana tidak semua kontak anggota disimpan oleh pengguna.

Namun, tampilan baru ini tidak serta merta menampilkan seluruh foto profil anggota grup. Sebab, foto profil dikategorikan sebagai personal informasi di WhatsApp. Sehingga, visibilitas foto profil dapat diatur sesuai keinginan pengguna masing-masing.

Baca juga: Cara Membuat Avatar di WhatsApp, Bisa Jadi Foto Profil dan Stiker WA

Pengguna bisa mengatur foto profilnya agar bisa dilihat oleh "everyone" (semua orang), "my contacts" (kontak saya), "my contacts except..." (kontak saya kecuali...), dan "nobody" (tidak seorangpun).

Skenarionya, pengguna baru bisa melihat foto profil orang lain di chat grup WhatsApp, apabila orang tersebut memilih opsi "everyone", atau nomor pengguna disimpan di kontak orang tersebut dan tidak dikecualikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.