Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Bangkit 2023 dari Google Tahun Ini Terima Vokasi D3 dan D4, Ini Link Daftarnya

Kompas.com - 08/12/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Google resmi membuka pendaftaran program “Bangkit 2023”. Program ini ditujukan untuk menciptakan tenaga teknis dan skill yang memumpuni di bidang machine learning, cloud computing, dan Android development.

Untuk menjalankan pelatihan edukasi ini, Google juga bermitra dengan beberapa perusahaan teknologi di Indonesia, seperti GoTo, Traveloka, DeepTech.id, yang nantinya akan bertindak sebagai mentor pelatihan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, program Bangkit 2023 kali ini untuk pertama kali dibuka untuk pelajar Vokasi D3 dan D4. Sebelumnya, program ini hanya tersedia untuk mahasiswa di sejumlah universitas di Indonesia saja.

Baca juga: Pendaftaran Indonesia Next Season 7 Dibuka, Pelatihan Keterampilan Digital untuk Mahasiswa

“Untuk memastikan keberagaman peserta, kami (Google) membuka program ini ke lebih banyak universitas dan pertama kalinya untuk pelajar vokasi D3 dan D4,” ujar Director Government Affairs and Public Policy Google, Putri Alam di acara Google for Indonesia di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Kapasitas peserta dari program Bangkit 2023 ada sebanyak 9.000 peserta. Angka ini diklaim naik tiga kali lipat dibanding sebelumnya (Bangkit 2022) yang diikuti 3.000 peserta.

Tidak hanya itu, program ini juga telah perluas ke lebih banyak universitas dan perusahaan, yakni 15 universitas dan 72 perusahaan. Pelatihan ini akan dilakukan selama kurang lebih 900 jam atau setara dengan enam bulan secara intens.

Di akhir acara, peserta akan mendapatkan seritifikat, dapat memenuhi jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) di kampus, dan berkesempatan mendapatkan pendanaan project jika terpilih menjadi 15 tim terbaik.

Baca juga: Indonesia Butuh 9 Juta Talenta Digital hingga 2030

Dilansir KompasTekno dari laman Google.com, pendaftaran Bangkit 2023 dibuka dari 7-31 Desember 2022. Bangkit 2023 nantinya akan berjalan selama semester ganjil dan genap di 2023 mendatang.

Pendaftaran Bangkit 2023 bisa dilakukan dengan mengakses tautan berikut ini. Peserta perlu mengisi beberapa informasi data diri, seperti identitas, e-mail, nama universitas, nomor handphone yang aktif, dan sebagainya.

“Dengan penyertaan Bangkit dalam program Kampus Merdeka, kami merasakan manfaat dari dukungan besar Kemendikbudristek dalam menyusun kurikulum dan memperluas jangkauan ke beberapa universitas,” pungkas Putri.

Catatan Redaksi: Artikel ini telah mengalami perubahan judul dan isi yang menerangkan bahwa program Bangkit 2023 terbuka untuk pelajar vokasi D3 dan D4, sebelumnya tertulis pelajar SMK.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.