Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Apple Music Kini Bisa Putar Lagu Sambil Karaoke

Kompas.com - 08/12/2022, 17:05 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi raksasa, Apple, meluncurkan sebuah fitur baru yang memungkinkan penggunanya berkaraoke. Fitur anyar tersebut diberi nama “Apple Music Sing”.

Fitur ini dijanjikan hadir mulai bulan ini untuk perangkat iPhone 11 dan di model di atasnya, iPad generasi ketiga dan model di atasnya, serta Apple TV 4K 2022.

Mode karaoke sudah terintegrasi dengan aplikasi Apple Music, sehingga pengguna bisa leluasa memutar musik sambil berdendang dan mengatur volume vokal di pustaka lagu Apple Music.

Nantinya, lirik lagu juga akan muncul secara real-time. Ada beberapa jenis tampilan lirik lagu yang akan muncul. Mulai dari lirik lagu untuk penyanyi solo, duet, atau backing vocal (penyanyi latar).

Apple Music Sing memiliki empat fitur utama. Pertama adalah “Adjustable vocals”, di mana pengguna bisa mengontrol suara vokal mereka selama bernyanyi. Pengguna bisa bernyanyi bersama penyanyi aslinya seolah-olah sedang berduet atau sepenuhnya menyanyi solo.

Baca juga: 2 Wanita Tuntut Apple, Tuduh AirTag Bantu Aktivitas Stalking

Fitur kedua, “Real-time lyrics” yaitu pengguna dapat membaca lirik secara real-time saat bernyanyi. Untuk beberapa lagu yang memiliki beat cepat, animasi pada lirik akan mengikuti tempo lagu tersebut.

Fitur ketiga adalah “Backsound Vocals”. Suara latar (backsound) yang terdapat dalam musik juga akan muncul di tampilan lirik. Hanya saja, suara latar akan dimunculkan berbeda dengan lirik utama.

Jadi, lirik dari backsound akan dipisahkan di bait yang berbeda dengan lirik utama. Tujuannya untuk memudahkan pengguna memahami dan menyanyikan suara latar tersebut.

Fitur terakhir adalah “Duet View”. Sama seperti namanya, fitur ini memudahkan pengguna berduet. Ketika ada lebih dari satu penyanyi, layar lirik tersebut akan dibuat terpisah dan berlawanan.

Jadi, saat berduet, masing-masing pengguna dapat mengetahui mana saja bagian yang harus dinyanyikan dan mana yang tidak.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Apple
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.