Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Gandeng AGI dan Unity untuk Latih Developer Game Indonesia

Kompas.com - 08/12/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Google mengumumkan kerja samanya dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan Unity untuk mendukung pengembangan talenta digital di bidang gaming.

Google mengatakan akan mendanai program uji coba bernama Google Play x Unity Game Developer Training, yang akan dibuka untuk 500 mahasiswa di lebih dari 15 universitas dan 50 developer profesional di Indonesia.

“Hari ini dengan gembira kami mengumumkan peluncuran program pelatihan bersama dengan Unity. Unity adalah sebuah plaform untuk membuat dan mengembangkan konten digital 3D secara real-time,” ujar Director Government Affairs and Public Policy Putri Alam, dalam acara Google for Indonesia di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Rabu (7/12/202).

Bagi yang masih belum familiar, Unity merupakan aplikasi terkemuka di dunia yang digunakan untuk mengembangkan game multi-platform. Beberapa game besar seperti Free Fire dan Mobile Legend: Bang Bang menggunakan Unity sebagai mesin pengembangannya

"Unity digunakan secara global baik oleh developer besar maupun kecil, mulai dari studio game indie hingga studio game besar," kata Kunal Soni, Director of Google Play Partnerships untuk Asia Tenggara dan Australia.

"Meningkatkan keterampilan mahasiswa dan developer lokal melalui berbagai kursus dan pelatihan yang tersedia di Unity akan membekali mereka dengan ilmu membuat game kelas dunia," imbuh Soni.

Baca juga: Program Bangkit 2023 dari Google Tahun Ini Terima Siswa SMK, Ini Link Daftarnya

Google mengatakan, pelatihan ini diberikan secara gratis melalui kursus mandiri secara online.
Nantinya, developer juga bisa memilih sesi pelatihan online yang dipandu instruktur.

Program pelatihan tersebut nantinya akan terbagi menjadi tiga jenis peminatan, seperti game developer (mengembangkan sebuah game), artist (visual dalam game), dan programmer (belajar membuat kode game).

Google mengumumkan program Bangkit 2023 telah dibuka dan pertama kali hadir untuk pelajar SMA, Rabu (7/12/2022)KOMPAS.com Google mengumumkan program Bangkit 2023 telah dibuka dan pertama kali hadir untuk pelajar SMA, Rabu (7/12/2022)

Kendati demikian, dari tiga peminatan di atas, peserta hanya dapat memilih salah satu saja. Pelatihan akan berjalan kurang lebih selama 30 jam secara intensif untuk bisa mendapatkan sertifikasi.

Melalui pelatihan ini, ekosistem developer game lokal diharapkan bisa terus berkembang dalam jangka panjang dan berkelanjutan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.