Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chip Mediatek Dimensity 8200 Resmi Meluncur, Dukung Ray Tracing

Kompas.com - 09/12/2022, 10:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Mediatek resmi meluncurkan chipset terbarunya untuk segmen ponsel premium, yang diberi nama Dimensity 8200.

System-on-Chip (SoC) suksesor Dimensity 8100 tersebut kini dirancang dengan teknologi fabrikasi 4 nanometer (nm), dan dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi baru, salah satunya adalah HyperEngine 6.0.

Dengan teknologi ini, unit pengolah grafis (GPU) yang ada di SoC Dimensity 8200, yaitu Mali-G610 MC6, mendukung fitur Vulkan SDK yang bisa menghadirkan fitur Ray Tracing untuk segmen GPU mobile.

Ray Tracing sederhananya merupakan kemampuan GPU yang bisa menampilkan pantulan cahaya di dalam game dengan efek ciamik. Sehingga, efek cahaya dan kualitas visual game bisa terlihat lebih nyata.

Baca juga: Bocoran Game yang Bisa Ray Tracing di HP Snapdragon 8 Gen 2

Selain HyperEngine 6.0, chipset Dimensity 8200 juga kini hadir dengan prosesor (CPU) delapan inti (octa-core) yang kini terdiri dari satu inti performa tinggi (high performance core) Cortex-A78 dengan kecepatan clock 3,1 GHz.

Di chipset generasi sebelumnya, inti CPU tersebut tidak tersedia.

Adapun CPU dengan kecepatan clock 3,1 GHz itu ditemani dengan tiga inti CPU performa standar dengan kecepatan clock 3,0 GHz, serta empat CPU hemat daya dengan kecepatan 2,0 GHz.

Pada aspek memori, SoC Dimensity 8200 mendukung RAM hingga model LPDDR5 (6.400 Mbps), serta media penyimpanan (storage) dengan jenis UFS 3.1.

Kemudian pada aspek layar, chipset ini mampu menopang panel dengan resolusi FHD Plus dengan refresh rate 180 Hz, atau WQHD Plus dengan refresh rate 120 Hz.

Baca juga: Asus ROG Phone 6D Resmi Meluncur dengan Chip Mediatek

Fitur lainnya di Dimensity 8200 adalah dukungan kamera hingga resolusi 320 MP (single camera), perekaman video 4K 60 FPS yang dilengkapi dengan HDR10+, serta chip pengolah gambar (ISP) Imagiq 785 untuk meningkatkan pengalaman fotografi.

Ada pula dukungan WiFi 6E, Bluetooth 5.3, serta chip modem dual 5G dengan kecepatan download mencapai 4,7 Gbps, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Jumat (9/12/2022).

Ponsel dengan chipset Dimensity 8200 bakal hadir di pasar global dalam waktu dekat. Saat ini, salah satu ponsel yang sudah resmi meluncur dengan chipset tersebut adalah iQoo Neo7 SE yang dirilis di China.

Xiaomi konon juga bakal meluncurkan smartphone dengan SoC premium tersebut dalam waktu dekat. Konon, ponsel ini bernama Redmi K60E. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com