Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"KN Car" Banyak Di-googling Setelah Kia Berganti Logo, Ada Apa?

Kompas.com - Diperbarui 13/12/2022, 05:50 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Drive

KOMPAS.com - Salah satu produsen mobil terbesar di Korea Selatan, Kia, melakukan perombakan logo (rebranding) pada Januari 2021 lalu. Rebranding itu membuat logo KIA yang baru terkesan lebih “berkelas” dan modern.

Akan tetapi, perombakan tersebut malah membuat banyak orang-orang di Amerika Serikat "meng-googling" atau menelusuri "KN Car" di mesin pencarian Google. Menurut data statistik di Google Trend, setiap bulannya ada 30.000 volume pencarian terkait "KN Car" sejak rebranding logo Kia 2021 lalu. Mengapa demikian?

Rupanya, hal itu terjadi lantaran banyak orang salah membaca logo Kia terbaru. Bagi yang belum familiar, logo lama Kia memiliki tampilan minimalis dengan huruf kapital dan lingkaran bewarna merah. Logo lama Kia menggunakan font serif dengan spasi antar-hurufnya, sehingga menimbulkan kesan "antik" sekaligus mudah dibaca.

Baca juga: Ada Google Meet (Asli) dan Meet “Biasa” dengan Logo Hampir Mirip, Apa Bedanya?

Nah, di logo Kia terbaru, spasi itu dilebur. Peleburan itu membuat huruf "I" dan "A" tampak gandeng, sehingga sekilas mirip dengan huruf "N". Walhasil, logo yang seharusnya dibaca "KIA", terbaca "KN" oleh beberapa orang.

Perbandingan logo Kia yang lama (kiri) dan baru (kanan)Vectorseek Perbandingan logo Kia yang lama (kiri) dan baru (kanan)

Menurut laporan outlet media The Drive, ada beberapa kata kunci (keyword) terkai "KN Car" yang banyak di-googling. Misalnya, pencarian dengan keyword "KN car brand", "KN car logo", "KN car price", hingga "KN carnival car".

Untuk diketahui, "Carnival" merupakan nama untuk model minivan buatan Kia. Ada pula yang menelusuri dengan kueri "what is KN Car", "what is KN Car brand", "what car is KN," dan sebagainya.

Tangkapan layar grafik pencarian KN car di Google Trend.The Drive Tangkapan layar grafik pencarian KN car di Google Trend.

Temuan ini juga diunggah oleh salah satu pemilik agensi iklan bernama Ashwinn Krishnaswamy. Lewat akun Twitter dengan handle @Shwinnabego, dia mengunggah tangkapan layar grafik volume Google Trend terkait pencarian "KN Car".

Menurut Krishnaswamy, puncak pencarian KN Car terjadi pada bulan Maret 2021, atau beberapa bulan setelah logo baru Kia diperkenalkan. Momennya juga bersamaan dengan peluncuran ulang mobil Kia Stinger dengan logo baru.

Kemungkinan, banyak orang-orang yang sudah melihat mobil Stinger di jalan raya dengan logo baru Kia yang terbaca "KN". Namun, belum menyadari bahwa itu adalah logo merek Kia.

Baca juga: Mengapa Logo Linux Penguin, Ini Asal Usulnya

Sempat dianggap logo palsu

Sejumlah pengguna di Twitter sempat mengira logo mobil Kia yang baru sebagai logo palsu.

“Adakah seseorang yang bisa memberitahu saya apakah logo mobil ini asli atau palsu? Jika asli, perusahaan apa yang memiliki logo ini?,” tulis salah seorang warganet di Twitter.

Bahkan ada yang mengira tampilan logo baru mobil tersebut adalah “NIN” yang merujuk pada nama band rock “Nine Inch Nails”. Pengguna lain yang memiliki handle @MissFit_ mengunggah sebuah gambar yang menyandingkan logo Kia yang baru dengan logo band rock NIN.

Kia bukanlah satu-satunya produsen mobil yang bermasalah dengan logo. Sebab, banyak merek mobil kenamaan yang logonya mungkin sulit dikenali atau dihafal oleh sebagian orang, seperti Mercedes, Mazda, dan Subaru, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Senin (12/12/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Drive
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com