Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi MIUI 14 Resmi Meluncur, Ada 6 Fitur Baru yang Hadir

Kompas.com - 12/12/2022, 11:15 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Xiaomi akhirnya meluncurkan antarmuka (user interface/UI) terbarunya, MIUI 14, bersamaan dengan peluncuran Xiaomi 13 Series pada Minggu (11/12/2022) di China.

MIUI 14 dibuat berbasis sistem operasi Android 13 dan hadir dengan sejumlah perubahan visual dibanding MIUI 13.

Selain tampilannya dipoles ulang, MIUI 14 juga membawa berbagai fitur baru serta peningkatan pada aspek integrasi lintas perangkat.

Meski memiliki berbagai peningkatan, ukuran firmware MIUI 14 diklaim lebih ringan dibanding MIUI 13. Size dari MIUI 14 ini adalah sebesar 13,09 GB.

Selain ukurannya yang lebih kecil, MIUI 14 juga hadir dengan pembaruan desain. MIUI 14 membawa tampilan ikon yang lebih besar, namun, ukurannya bisa disesuaikan oleh pengguna.

MIUI 14 juga membawa format widget baru serta folder di layar utama/home screen yang ditingkatkan, sehingga pengguna mendapat lebih banyak opsi penyesuaian.

Baca juga: Xiaomi Bakal Hapus Iklan di Ponsel MIUI 14

Fitur MIUI 14 juga dilengkapi widget hewan peliharaan atau tanaman. Fitur ini mirip seperti permainan hewan peliharaan yang ditawarkan oleh Pixel Pals untuk iOS yang memungkinkan pengguna memelihara dan bermain dengan hewan virtual melalui layar Dynamic Island.

Nah, pada ponsel Xiaomi yang berjalan dengan MIUI 14 nanti, hewan atau tanaman virtual peliharaan pengguna akan tampil pada layar utama. Dari situ, pengguna bisa berinteraksi dengan peliharaannya itu atau memainkannya.

Tampilan MIUI 14Xiaomi Tampilan MIUI 14
Secara teknis MIUI 14 juga dirancang agar bisa menunjang aplikasi yang ringan. Hal ini memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk membuat aplikasi yang lebih mulus dan lebih hemat daya.

Selain itu, Xiaomi juga memangkas kapasitas sistem yang biasanya mengonsumsi banyak memori. Selain dari kapasitasnya yang dipangkas, tingkat kelancaran aplikasi sistem di MIUI 14 juga diklaim sudah ditingkatkan hingga 60 persen.

Kemudian, di MIUI 14 hanya ada delapan aplikasi yang tidak bisa dihapus oleh pengguna.

Fitur baru di MIUI 14

1. Manajemen notifikasi

MIUI 14 dirilis dengan opsi manajemen notifikasi baru karena pengguna bisa menghapus daftar notifikasi hanya dengan satu kali swipe.

Notifikasi dari aplikasi yang baru dipasang juga harus mendapat persetujuan pengguna sebelum bisa tampil di daftar notifikasi.

2. Mengambil teks dari gambar

MIUI 14 dilengkapi dengan fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) yang bisa mengambil teks dari gambar. Selain itu, pengguna juga bisa menekan (press) dan menahan (hold) teks pada gambar yang tersimpan di Galeri, untuk mengenali teks tersebut.

Fitur yang melibatkan teks itu mendukung sampai delapan bahasa yang berbeda, dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Senin (12/12/2022).

Halaman:
Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com