Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencari Perhatian Yoasobi di HITC 2022 Menggunakan S Pen Galaxy S22 Ultra

Kompas.com - 12/12/2022, 18:03 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S22 Ultra menjadi perangkat terkini dari lini Galaxy S yang hadir dengan stylus S Pen. Stylus S Pen ini dapat menjalankan berbagai fungsi untuk mempermudah pekerjaan dan penggunaan Galaxy S22 Ultra.

Misal untuk menunjang produktivitas, kreativitas, hingga bisa dijadikan "remote" untuk memotret. Nah, untuk mencoba fungsi dari S Pen ini, KompasTekno membawa Samsung Galaxy S22 Ultra ke festival musik Head in the Clouds (HITC) Jakarta 2022 selama dua hari pada 3-4 Desember 2022 di Community Park PIK 2, Jakarta Utara.

Hasil foto kamera utama 12 MP (f/1.8) Galaxy Z Flip 4 di ajang HITC Jakarta 2022. Tampak pada gambar bahwa panggung konser bisa kita lihat dengan cukup baik. Detail panggung, seperti awan-awan buatan yang ada di atasnya, begitu juga beberapa instrumen musik dan penonton, tampil dengan cukup detail. Kompas.com/Bill Clinten Hasil foto kamera utama 12 MP (f/1.8) Galaxy Z Flip 4 di ajang HITC Jakarta 2022. Tampak pada gambar bahwa panggung konser bisa kita lihat dengan cukup baik. Detail panggung, seperti awan-awan buatan yang ada di atasnya, begitu juga beberapa instrumen musik dan penonton, tampil dengan cukup detail.

S Pen ini kami gunakan untuk menulis nama salah satu musisi yang tampil di perangkat. Coretan yang dibuat dibebaskan menyesuaikan kreativitas pengguna, mulai dari warna tinta yang beragam, hingga ketebalan tinta yang ingin digunakan.

Baca juga: Tantangan Memotret Konser HITC Jakarta di Malam Hari dengan Galaxy S22 Ultra

Mencoret-coret layar ponsel dapat langsung dilakukan ketika pengguna mengambil stylus dari ponsel saat dalam keadaan terkunci dan layar mati. Sistem akan secara otomatis memunculkan lembaran kosong untuk dicoret-coret.

Namun, bila ponsel sudah dalam keadaan menyala, pengguna bisa membuka aplikasi Samsung Notes dan keluarkan stylus-nya. Klik ikon pensil di sisi kanan bawah, lalu pencet ikon “Handwriting”. Pengguna bisa langsung mencoret atau menggambar apapun sesuai dengan kebutuhan.

Saat itu, ada performance dari penyanyi band asal Jepang, yakni YOASOBI. Selama band itu tampil, kami mencoba membuat coret-coretan dari nama band tersebut.

Pengalaman dari menggunakan S-Pen untuk menulis nama artis favorit bisa dibilang cukup unik.

Sebab, coret-coretan yang dihasilkan bisa digunakan untuk “menarik perhatian” musisi yang manggung untuk menoleh ke arah penonton atau dijadikan sebagai bentuk apresiasi atas lagu yang dinyanyikan.

Selfie pakai S-Pen dari Galaxy S22 Ultra di acara Head in the Clouds (HITC) Jakarta 2022 KOMPAS.com/Caroline Saskia Selfie pakai S-Pen dari Galaxy S22 Ultra di acara Head in the Clouds (HITC) Jakarta 2022
Nah, selain dapat digunakan untuk mencoret/menggambar di layar secara leluasa, S-Pen tersebut juga dapat digunakan untuk tombol alternatif ketika ingin mengambil foto selfie.

Saat ingin mengambil foto selfie dengan beberapa orang, terkadang jari tangan yang digunakan untuk menopang ponsel kesulitan untuk memencet tombol kamera, karena kamera harus diposisikan agak jauh agar semua orang bisa masuk ke dalam frame. 

Saat mengambil foto selfie bersama, pengguna bisa memencet tombol yang berada di S Pen untuk memotret. Cara mengaktifkannya adalah pengguna harus terlebih dulu mengaktifkan “Air Actions”.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 4 Juara buat Dibawa Nonton Konser

Dengan mode tersebut, stylus S Pen dapat menjalankan sejumlah fungsi, termasuk sebagai tombol "shutter" kamera. Dengan menekan tombol satu kali, kamera akan otomatis mengambil gambar.

Tidak hanya memotret, S Pen juga bisa dipakai untuk merekam video. Tekan satu kali untuk merekam atau memberhentikan rekaman, tekan dan tahan untuk menjeda video atau melanjutkan video.

Selain mencoba menggunakan S Pen untuk berkreasi, kami juga menjajal kebolehan kamera Galaxy S22 Ultra di HITC 2022. Pengalaman menjajal kebolehan kamera di festival musik Head In The Clouds 2022, bisa dibaca melalui tautan berikut ini. Baca juga: Memotret Konser HITC Jakarta 2022 dengan Samsung Galaxy S22 Ultra

Dengan Samsung Galaxy S22 Ultra, pengguna tidak hanya dapat memotret saja, tetapi juga dapat bekreasi melalui fitur-fitur S Pen yang tersedia.

Perangkat ini dapat dibeli di berbagai toko resmi Samsung yang tersebar di seluruh Indonesia secara offline ataupun online. Banderol harganya sendiri dimulai dari Rp 18 juta untuk varian 8GB/128 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com