Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Notes Diumumkan, Fitur Update Status 60 Karakter

Kompas.com - 14/12/2022, 08:46 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber About FB

KOMPAS.com - Instagram meluncurkan sejumlah fitur baru untuk memudahkan penggunanya berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat dekat.

Salah satu fitur yang bisa dibilang paling menarik adalah Notes. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengunggah postingan status sederhana yang hanya berisikan teks dan emoji dengan jumlah maksimal 60 karakter.

Sebelumnya, fitur Instagram Stories sebenarnya bisa membuat postingan yang berisi teks dan emoji, selain postingan berisi foto atau video.

Bedanya di Notes, fitur tersebut tidak akan melibatkan foto atau video, dan pengguna hanya bisa memakai teks atau emoji dengan jumlah karakter terbatas, layaknya unggahan di media sosial Twitter.

Nantinya, unggahan Notes hanya akan muncul di laman "Direct Message" (DM), tepatnya di atas deretan daftar orang yang sedang kita DM.

Jika dibayangkan, bentuk status yang diunggah dengan Notes ini sebenarnya mirip Instagram Stories. Bedanya, status Notes akan menampilkan teks dan emoji yang ditulis pengguna tepat di atas foto profil alias avatar pengguna yang berbentuk elips. 

Hal pembeda lainnya adalah status Notes hanya akan bisa dilihat di halaman DM, bukan di halaman utama (timeline) seperti Instagram Stories.

Cara menggunakan fitur Notes di Instagram.Meta Cara menggunakan fitur Notes di Instagram.

Untuk membuat postingan Notes, pengguna cukup pergi ke halaman DM dengan cara mengeklik ikon "pesawat kertas" atau mengusap (swipe) layar ke kanan di tampilan timeline Instagram.

Lalu, pengguna cukup mengeklik ikon "+" yang ada di kanan atas foto profil mereka (yang dilabeli dengan "Leave a note"), menulis isi Notes, dan memilih siapa saja yang bisa melihat postingan Notes tersebut.

Ketika berhasil diunggah, respons pengguna yang membalas postingan Notes ini akan masuk ke dalam pesan DM, sama seperti balasan dari postingan Instagram Stories.

Baca juga: Kreator Instagram Kini Bisa Tahu Kenapa Postingannya Tidak Viral

Candid Stories, Add Yours Nomination, Group Profiles, dll

Selain Notes, Instagram juga mengumumkan fitur Candid Stories yang memungkinkan pengguna membagikan kegiatan terkini mereka dari kamera depan dan belakang. Fitur ini mirip dengan postingan yang diunggah dari media sosial kompetitor BeReal.

Lalu, Instagram juga menambahkan fitur ekstra ke dalam fitur utama Add Yours, yaitu tombol "Pass it on". Tombol ini akan muncul di bagian bawah postingan "Add Yours".

Ketika dipakai, pengguna bisa memilih dan meminta teman-teman mereka di Instagram untuk mengunggah postingan "Add Yours" versi mereka dengan tema yang sesuai.

Fitur Group Profiles dan Collective Collaboration di Instagram.Meta Fitur Group Profiles dan Collective Collaboration di Instagram.

Di samping fitur-fitur di atas, Instagram juga memperkenalkan Group Profiles. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat sebuah grup yang bisa menampung postingan foto atau video dari seluruh anggota grup di dalam satu Instagram Feed.

Baca juga: Instagram Punya Fitur Schedule Post, Upload Konten Bisa Dijadwalkan

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com