Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Aplikasi HP Paling Boros Baterai, Ada Instagram sampai Bigo

Kompas.com - Diperbarui 18/12/2022, 11:13 WIB

KOMPAS.com - Firma riset pCloud merilis hasil penelitian terbaru mereka terkait aplikasi yang paling banyak menguras baterai di smartphone. Hasil riset tersebut dituangkan dalam laporan berjudul “Secret Phone Killers - Which apps are the most demanding on your phone?”.

Data dari riset menunjukkan bahwa 93 persen pengguna menggunakan ponsel pintarnya hampir setiap hari. Penggunaan smartphone yang begitu aktif tentunya berpengaruh pada kapasitas baterai perangkat.

Namun, selain penggunaan yang aktif, sejumlah aplikasi juga turut berpengaruh pada boros atau tidaknya baterai perangkat. Aplikasi tersebut dapat menguras baterai karena tetap berjalan di latar belakang meski aplikasi itu ditutup.

Selain itu, aplikasi yang diinstal di smartphone biasanya juga membutuhkan akses terhadap fungsi tertentu seperti kamera, mikrofon, atau lokasi. Menurut riset, seberapa banyak akses yang bisa didapat oleh aplikasi juga turut memengaruhi daya baterai.

Baca juga: Ini Dia, Daftar Aplikasi dan Game Terbaik di App Store Awards 2022

Dalam riset ini, pCloud menggunakan sebanyak 16 fungsi yang bisa diakses aplikasi sebagai acuan dasar dalam penelitian.

Fungsi tersebut antara lain dark mode, akses ke foto (media), akses terhadap informasi Wi-Fi, kontak, storage, informasi panggilan, lokasi, kamera, kalender, SMS, hingga pengaturan data.

Dari temuan pCloud, berikut ini adalah 20 aplikasi yang “menyedot” banyak baterai:

  1. Fitbit
  2. Verizon
  3. Uber
  4. Skype
  5. Facebook
  6. Airbnb
  7. BIGO LIVE
  8. Instagram
  9. Tinder
  10. Bumble
  11. Snapchat
  12. WhatsApp
  13. Zoom
  14. YouTube
  15. Booking.com
  16. Amazon
  17. Telegam
  18. Grindr
  19. Likke
  20. LinkedIn

Menurut pCloud, aplikasi Fitbit menguras paling banyak baterai. Aplikasi ini bahkan bisa meminta izin akses 14 fungsi dari 16 fungsi yang tersedia seperti meminta izin akses terhadap kamera, microphone, lokasi, hingga koneksi Wi-Fi.

Sedangkan, untuk aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, Snapchat, YouTube, WhatsApp, dan LinkedIn menjalankan 11 fungsi seperti akses dari file gambar, lokasi, microphone, hingga Wi-Fi.

Nah, Instagram menjadi aplikasi media sosial yang tidak terlalu menguras baterai. Sebab, aplikasi tersebut memungkinkan penggunanya mengaktifkan mode gelap (dark mode), sehingga membuat baterai sedikit lebih hemat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.