Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umur Browser Ini di Windows 7 Tinggal Sebulan Lagi

Kompas.com - 15/12/2022, 19:25 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft bakal mengakhiri dukungan browser atau peramban Edge untuk sistem operasi Windows 7 dan Windows 8. Keputusan ini diumumkan oleh perusahaan melalui situs blog resmi Windows.

Menurut pengumuman perusahaan, Microsoft Edge akan disetop dukungannya untuk Windows 7 dan Windows 8 pada pertengahan Januari 2023. Artinya, umur Microsoft Edge di kedua sistem operasi itu hanya tersisa sekitar sebulan lagi.

Selain Microsoft Edge berbasis Chromium, perusahaan juga menanggalkan dukungan Edge Webview2, yaitu mesin render Edge untuk menyematkan halaman web pada aplikasi non-Edge.

Penghentian dukungan Microsoft Edge ini menyusul berakhirnya dukungan pembaruan keamanan atau disebut Extended Security Update (ESU) untuk Windows 7 dan Windows 8/8.1.

Baca juga: Microsoft Edge Bisa Dipakai Main Game Xbox Lewat Streaming

Namun bukan berarti pengguna Windows 7 dan 8 tidak bisa mengakses Microsoft Edge lagi, karena mereka masih bisa memakai Edge versi lama, yaitu versi 109. Begitu pula dengan Edge Webview2 yang masih bisa dipakai versi 109.

Kedua versi tersebut akan menjadi versi terakhir yang didukung oleh Windows 7 dan Windows 8 tanpa kemampuan update ke versi baru.

"Microsoft Edge versi 109 dan WebView2 Runtime versi 109 akan menjadi versi terakhir yang mendukung sistem operasi ini (Windows 7 dan 8). Selain itu, WebView2 SDK versi 1.0.1519.0 dan yang lebih tinggi, tidak lagi mendukung Windows 7 dan Windows 8/8.1," demikian keterangan Microsoft, dikutip KompasTekno dari blog Windows, Kamis (15/12/2022).

Selain itu, Microsoft juga menegaskan bahwa Edge versi itu tidak akan mendapat fitur baru, pembaruan keamanan maupun perbaikan bug.

Dukungan Windows 7 dan Windows 8 juga disetop

Microsoft memutuskan untuk menghentikan dukungan OS Windows 7 dan Windows 8. Kedua OS ini akan disetop dukungannya pada 10 Januari 2022.

Baca juga: Bisakah Windows 7 Upgrade ke Windows 11?

Windows 7 sendiri sebenarnya sudah tidak lagi didukung berbagai pembaruan sejak 2020. Namun karena OS ini begitu banyak dipakai pengguna, Microsoft memperpanjang dukungan pembaruan khusus dan berbayar untuk Windows 7 hingga Januari 2023.

Wallpaper khas Windows 7Ist Wallpaper khas Windows 7

Setelah diperpanjang, pada akhirnya dukungan untuk Windows 7 juga akan tamat bulan depan, bersamaan dengan disetopnya dukungan untuk Windows 8.

Seiring dengan disetopnya dukungan tersebut termasuk untuk Microsoft Edge di Windows 7 dan 8, Microsoft menganjurkan pengembang untuk mengakhiri dukungan yang sama.

"Kami memahami bahwa mengakhiri dukungan untuk Windows 7 dan Windows 8/8.1 tidak mudah dilakukan beberapa pengembang, namun ini akan membantu pengguna tetap aman dari potensi ancaman dan risiko keamanan karena kedua OS tersebut tidak lagi didukung pada 10 Januari 2023," kata tim Microsoft Edge di blog Windows.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com