Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lipat Oppo Find N2 Flip Resmi, Mirip Samsung Z Flip 4

Kompas.com - 16/12/2022, 08:01 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo ikut serta meramaikan pasar ponsel lipat (foldable phone) untuk pertama kalinya pada 2021 lalu dengan Oppo Find N. Ponsel ini memiliki desain yang mirip dengan Samsung Galaxy Fold Series karena bisa dilipat seperti sebuah buku.

Kini, perusahaan asal China tersebut kembali meluncurkan foldable phone baru, yaitu Oppo Find N2 di pasar China.

Namun selain model "reguler" yang identik dengan Galaxy Fold Series, Oppo turut memperkenalkan satu model baru yang menyerupai Samsung Galaxy Z Flip series.

Baca juga: Oppo Find N2 Meluncur, Lebih Ringan dan Tipis

Ia adalah Oppo Find N2 Flip, ponsel lipat perdana Oppo yang memiliki desain lipatan  menyerupai cangkang kerang alias clamshell, mirip seperti Samsung Z Flip 4. Meski demikian, Oppo menerapkan sejumlah perbedaan di ponsel lipatnya itu.

Baca juga: Huawei Pocket S Resmi Meluncur, Ponsel Lipat Mirip Galaxy Z Flip

Salah satu yang mencolok adalah desain layar sekunder mungil (cover display) AMOLED berukuran 3,6 inci yang terletak di bagian belakang perangkat.

Jika Samsung Z Flip 4 layarnya memiliki orientasi landscape, layar Oppo Find N2 Flip justru memiliki orientasi portrait. Artinya, desain layar seakan seperti layar sekunder Oppo Find N2 model biasa, hanya saja ukurannya diperkecil.

Adapun fungsi layar mungil di Oppo Find N2 Flip ini bisa dibilang mirip seperti Samsung Galaxy Z Flip 4, yaitu bisa menampilkan notifikasi, informasi waktu, cuaca, hingga bisa dipakai sebagai viewfinder untuk berswafoto menggunakan kamera belakang.

DI sebelah kiri layar tersebut, ada dua buah kamera belakang yang disusun secara vertikal. Kedua kamera ini terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8, Sony IMX890) dan kamera ultrawide 8 MP (f.2.2, Sony IMX355, bidang pandang 112 derajat).

Baca juga: Penampakan Oppo Find X6 Sebelum Dirilis, Punya Kamera Periskop?

Spesifikasi Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 Flip.Oppo Oppo Find N2 Flip.

Beralih ke bagian depan, Oppo Find N2 Flip mengusung layar AMOLED berukuran 6,8 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz. Layar ini mendukung fitur HDR10+ serta memiliki tingkat kecerahan (brightness) hingga 1.600 nits.

Di bagian atas layar, terdapat kameras selfie yang memiliki resolusi 32 MP (f/2.4). Kamera ini dimuat dalam sebuah lubang (punch hole) yang diletakkan di tengah atas layar.

Pada sektor hardware, Oppo Find N2 Flip ditenagai dengan chipset Mediatek Dimensity 9000 Plus. Chipset ini dipadukan dengan tiga opsi RAM LPDDR5 8 GB/12 GB/16 GB, serta dua opsi media penyimpanan (storage) UFS 3.1 256 GB/512 GB.

Pada sektor daya, perangkat yang bisa dilipat menjadi ringkas ini ditopang dengan baterai berkapasitas 4.300 mAh yang mendukung pengisian cepat berdaya 44 watt. Oppo mengeklaim daya ponsel lipat ini bisa terisi 34 persen dalam waktu 15 menit.

Fitur pendukung lainnya yang ada di Oppo Find N2 Flip mencakup pemindai sidik jari (fingerprint) yang sudah dibenamkan bersama dengan tombol power, serta sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka ColroOS 13.0.

Di China, Oppo Find N2 Flip tersedia dalam varian warna ungu, hitam, dan emas. Perangkat tersebut dijual dengan harga sebagai berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Jumat (16/12/2022).

  • 8 GB/256 GB: 6.000 yuan (sekitar Rp 13,4 juta)
  • 12 GB/256 GB: 6.400 yuan (sekitar Rp 14,3 juta)
  • 16 GB/512 GB: 7.000 yuan (sekitar Rp 15,6 juta)

Belum ada informasi apakah Oppo Find N2 Flip bakal ikut diboyong ke Indonesia atau tidak. Kita nantikan saja.

Baca juga: Oppo Air Glass 2 Resmi, Smart Glasses dengan Tampang Kacamata Biasa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com