Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Green Screen di HP Android dan iPhone buat Edit Video

Kompas.com - 16/12/2022, 13:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Apa itu aplikasi green screen? Seperti namanya, aplikasi green screen merupakan aplikasi yang mempunyai kemampuan menyeleksi latar (background) warna hijau pada gambar atau frame dalam video.

Fungsi aplikasi green screen adalah untuk menggabungkan atau menindih background warna hijau pada video dengan frame lain. Fitur penggabungan tersebut biasa disebut juga dengan Chroma Key.

Baca juga: Cara Cek Jadwal dan Hasil Pertandingan Piala Dunia 2022 lewat Aplikasi dan Website

Dengan aplikasi green screen, pengguna bisa mengganti background warna hijau di video dengan gambar atau frame lain. Aplikasi green screen biasa dimanfaatkan untuk membuat satu video dengan dua frame yang berbeda secara bersamaan.

Contohnya, seperti video siaran berita perkiraan cuaca yang biasa tayang di TV. Melalui aplikasi green screen, background frame pembawa berita yang berwarna hijau bisa digantikan dengan frame kondisi cuaca di sebuah wilayah.

Alhasil, tayangan bisa menampilkan video berisi pembawa berita yang seolah sedang berada di satu wilayah dengan kondisi cuaca tertentu. Selain itu, aplikasi green screen banyak dimanfaatkan pula untuk membuat film-film animasi.

Aplikasi green screen sekarang tak hanya tersedia untuk komputer atau PC, tapi juga handphone (HP). Saat ini, sudah cukup banyak tersedia aplikasi edit video yang mendukung fitur Chroma Key di HP, baik HP Android dan iPhone.

Lantas, apa saja aplikasi green screen android dan iPhone yang bisa dimanfaatkan untuk mengedit latar hijau pada video? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar aplikasi green screen android dan iPhone.

Daftar aplikasi green screen android dan iPhone

1. Veescope

Aplikasi green screen yang pertama adalah Veescope. Aplikasi ini punya fitur utama Chroma Key yang bisa dipakai untuk menyeleksi otomatis background warna hijau pada video dan menindihnya dengan frame lain.

Di Veescope, terdapat beberapa templat animasi dan background yang menarik untuk disematkan langsung di video berlatar warna hijau. Veescope hanya tersedia di iPhone. Download aplikasi green screen ini bisa lewat App Store.

2. Chromavid

Ilustrasi aplikasi green screen Chromavid.App Store Ilustrasi aplikasi green screen Chromavid.

Sama halnya Veescope, Chromavid punya juga fitur utama untuk menggabungkan frame atau gambar pada video yang berlatar belakang warna hijau. Di Chromavid, tersedia pula beberapa templat frame, salah satunya bertemakan luar angkasa.

Chromavid tersedia untuk android dan iPhone. Bila hendak download aplikasi green screen ini, caranya bisa lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk android) atau App Store (untuk iPhone).

Baca juga: Daftar Aplikasi HP Paling Boros Baterai Menurut Riset, Ada Instagram sampai Bigo

3. Filmora

Ketiga, ada Filmora, aplikasi yang mungkin sudah tak asing lagi bagi pengguna yang sering edit video di HP. Filmora punya beragam fitur untuk mengedit video, salah satunya adalah Chroma Key yang berfungsi menggabungkan frame pada latar hijau.

Pengguna bisa mengunggah video berlatar hijau di Filmora, lalu menggunakan opsi Chroma Key dan menindihnya dengan frame lain. Filmora bisa didapatkan lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk android) atau App Store (untuk iPhone).

4.Kinemaster

Ilustrasi aplikasi green screen Kinemaster.Google Play Store Ilustrasi aplikasi green screen Kinemaster.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com