Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentuk iPhone 15 Ultra Bakal Mirip Xiaomi 13?

Kompas.com - 19/12/2022, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - iPhone 14 sudah diresmikan Apple pada September lalu. Meski terbilang belum lama dirilis, rumor soal iPhone 15 yang ditaksir menjadi suksesor dari iPhone 14 sudah beredar di internet.

Gambar render dari salah satu varian iPhone 15, yakni iPhone 15 Ultra, bahkan sudah muncul di dunia maya, menunjukkan bagaimana desain ponsel tersebut saat dirilis nanti. Yang menarik, gambar render itu menunjukkan iPhone 15 Ultra mengusung desain yang mirip Xiaomi 13.

Xiaomi 13 sendiri merupakan ponsel flagship yang baru saja dirilis Xiaomi pada 11 Desember lalu di China. Ponsel ini didesain dengan layar yang mendominasi tampilan, seolah tak memiliki bezel atau bingkai layar.

Hanya ada lubang layar berukuran kecil yang menghias layar ponsel, untuk mengakomodasi kamera depan.

Baca juga: Xiaomi 13 dan 13 Pro Resmi dengan Snapdragon 8 Gen 2 dan Kamera Leica

Tepiannya didesain flat atau datar seperti beberapa ponsel Android lainnya. Meski demikian, setiap sikunya dibuat melengkung dengan kelengkungan 2.5 D agar terasa presisi ketika digenggang tangan.

Desain ini sebenarnya dimulai oleh Apple melalui iPhone 12. Sejak saat itu, beberapa vendor ponsel Android mengemas desain yang persis iPhone seri tersebut. Untuk itu, desain yang sama bila dipakai Apple untuk iPhone 15 Ultra bisa dikatakan wajar.

Selain desainnya, yang membuat iPhone 15 Ultra disebut mirip Xiaomi adalah penggunaan kaca 2.5 D pada penampang ponsel.

"Perkenalkan iPhone 5 Ultra dengan punggung kaca yang melengkung pada tepiannya untuk menyesuaikan penampang titanium baru agar terasa ringan dan premium," kata Vadim Yuryev melalui akun Twitter berhandle @VadimYuryev seraya membagikan gambar render iPhone 15 Ultra.

Penggunaan komponen itu juga akan membuat iPhone 15 Ultra berbeda dibanding pendahulunya. Selain itu, desain kamera iPhone 15 Ultra juga agak dibuat berbeda dengan pendahulunya. Pasalnya, gambar render menunjukkan bahwa modul kamera iPhone 15 Ultra dibuat seolah menyatu dengan penampangnya.

Baca juga: Tak Semua iPhone 15 Punya Kamera Periskop

Konsep modul kamera tersebut diusung karena penggunaan panel kaca pada penampang ponsel. Konsep ini juga berpotensi menjadi pembeda antara iPhone 15 Ultra dengan iPhone sebelumnya.

Hal baru lainnya yang tampak pada render iPhone 15 Ultra yaitu adanya lensa berbentuk strip di bawah lensa kamera lainnya. Ada kemungkinan komponen ini merupakan lensa telefoto periskop yang sudah banyak dirumorkan, dilansir KompasTekno dari Gizchina, Senin (19/12/2022).

Bila rumor ini akurat, lensa tersebut akan membantu iPhone 15 Ultra untuk meningkatkan kemampuan pemotretan jarak jauh.

iPhone 15 series sendiri ditaksir bakal meluncur pada tahun depan. Sesuai tradisi Apple, ponsel ini kemungkinan rilis pada bulan September 2023.

iPhone 15 pakai port USB-C?

Analis kenamaan Apple, Ming-Chi Kuo, beberapa waktu lalu mengungkap sejumlah prediksinya terkait iPhone 15. Ming-chi Kuo sendiri kerap memberikan prediksi yang akurat terkait produk-produk Apple.

Ia mengatakan Apple akan mulai beralih ke port USB-C di iPhone 15. Dugaan ini tidak hanya datang dari Kuo saja. Reporter teknologi Bloomberg, Mark Gurman, juga menyatakan pendapat yang serupa. Gurman mengatakan bahwa iPhone 15 akan menggunakan port USB-C pada 2023.

Sejumlah spekulasi ini sejalan dengan undang-undang Uni Eropa yang mewajibkan seluruh perangkat yang diedarkan di wilayahnya agar menggunakan port USB-C untuk mengisi daya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com