Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Patahkan Mitos Petir Ganggu Penggunaan HP

Kompas.com - 19/12/2022, 13:28 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika cuaca sedang dalam kondisi buruk, seperti saat hujan disertai dengan petir, kita seringkali mendengar saran untuk tidak menggunakan telepon seluler. Sebab, petir konon bisa mengganggu penggunaan HP.

Namun, hal itu ternyata hanya mitos belaka. Dalam sebuah eksperimen yang dilakukan Xiaomi, anggapan bahwa petir dapat mengganggu kinerja HP atau smartphone tidak terbukti adanya.

Dalam sebuah video YouTube berdurasi kurang dari 1 menit, Xiaomi menunjukkan simulasi penggunaan smartphone dalam kondisi cuaca buruk disertai petir.

Dalam percobaan tersebut, Xiaomi menggunakan Redmi Note 11 Pro 5G yang "disambar" oleh petir buatan dari Tesla coil.

Baca juga: Main Ponsel Saat Hujan Bisa Tersambar Petir, Benarkah?

Ada dua skenario penggunaan yang diuji, yaitu menonton video dan melakukan panggilan telepon.

Dari video eksperimen Xiaomi, petir buatan itu terlihat menyambar dua sisi bodi Redmi Note 11 Pro 5G. Namun, ponsel tersebut masih bisa memutar video dengan normal, tanpa ada masalah.

Ponsel pun masih bisa digunakan sebagaimana mestinya dengan lancar tanpa halangan.

Xiaomi pun mencoba melihat apakah petir buatan itu bisa mengganggu sinyal saat smartphone digunakan. Saat melakukan panggilan telepon, petir tetap menyambar dua sisi bodi ponsel. Namun, panggilan tetap dapat dilakukan dan terhubung tanpa masalah.

"Ini membuktikan badai dengan petir tidak mempengaruhi penggunaan smartphone," kata Xiaomi dalam video yang diunggah melalui kanal YouTube resmi Xiaomi.

Eksperimen melakukan panggilan telepon saat ada petir buatan. Hasilnya, petir tidak menggaggu sinyal pada smartphone dan panggilan telepon bisa dilakukan tanpa masalah.YouTube/Xiaomi Eksperimen melakukan panggilan telepon saat ada petir buatan. Hasilnya, petir tidak menggaggu sinyal pada smartphone dan panggilan telepon bisa dilakukan tanpa masalah.
Menurut Xiaomi, rumor soal petir bisa menggangu penggunaan HP atau smartphone, kemungkinan berasal dari kejadian petir yang kerap memengaruhi saluran telepon kabel lawas.

Menurut Xiaomi, petir memancarkan gelombang elektronmagnetik dengan rentang frekuensi yang luas, mulai dari sangat rendah hingga sangat tinggi. Namun, mayoritas adalah gelombang frekuensi rendah.

Baca juga: Momen Mengerikan Pria Nyaris Celaka saat Merekam Petir

Sementara ponsel atau smartphone menggunakan frekuensi yang tergolong tinggi untuk melakukan panggilan komunikasi.

Sehinggakemungkinan petir memengaruhi sinyal ponsel seperti mengganggu panggilan telepon, relatif rendah, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari saluran YouTube Xiaomi, Senin (19/12/2022).

Namun, Xiaomi menegaskan bahwa eksperimen ini hanya sebatas menguji perngaruh petir buatan terhadap sinyal di ponsel. Xiaomi mengimbau seluruh pengguna smartphone tetap berpatokan pada pedoman keselamatan di wilayahnya masing-masing.

Video eksperimen Xiaomi berjudul "Can thunderstorms affect smartphone usage?" (Apakah hujang guntur bisa memengaruhi penggunaan smartphone?) dapat disimak selengkapnya melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com