Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Twibbon Natal 2022 Sendiri dengan Mudah di HP

Kompas.com - 20/12/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Twibbon Natal 2022 saat ini sudah mulai banyak tersedia di website Twibbonize. Sebagaimana cukup umum diketahui, Twibbon adalah bingkai foto digital yang berisi pesan tertentu untuk memperingati berbagai peristiwa atau hari penting.

Misalnya, hari Natal 2022 yang jatuh pada Minggu (25/12/2022), untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus bagi umat kristiani. Twibbon Natal 2022 bisa dijadikan foto profil dan dibagikan ke media sosial.

Baca juga: 90 Link Download Twibbon Hari Juang Kartika TNI AD 2022 dan Cara Pakainya

Selain dari website Twibbonize, Twibbon untuk memperingati hari Natal 2022 pada dasarnya juga bisa dibuat sendiri di HP (handphone) dengan mudah. Lantas, bagaimana cara membuat Twibbon Natal 2022 sendiri?

Untuk membuat Twibbon Natal 2022 sendiri di HP, caranya bisa melalui aplikasi Canva. Di Canva, terdapat aneka macam templat desain yang dapat dipakai untuk membuat Twibbon Natal 2022 secara gratis.

Bila tertarik untuk membuat Twibbon Natal 2022 sendiri di HP lewat Canva, berikut adalah penjelasan lengkap caranya.

Cara membuat Twibbon Natal 2022 di HP via Canva

  • Buka aplikasi Canva di HP. Bila belum punya, unduh dulu Canva di toko aplikasi Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).
  • Bila telah berhasil masuk pada halaman awal aplikasi, silakan klik ikon tambah dan pilih opsi “Konten Instagram” untuk mulai membuat Twibbon dengan aspek rasio 1:1.
  • Setelah itu, bakal muncul halaman pembuatan dan pengeditan desain dengan ukuran kanvas 1:1.
  • Di halaman tersebut, klik ikon tambah dan pilih menu “Desain”. Lalu, cari desain bertemakan Natal pada kolom “Template”.
  • Selanjutnya, pilih templat desain Natal yang tersedia untuk ditambahkan ke kanvas sebagai backgroundTwibbon.
    Ilustrasi cara menambahkan templat desain untuk membuat background Twibbbon Natal 2022.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menambahkan templat desain untuk membuat background Twibbbon Natal 2022.
  • Setelah ditambahkan, atur tiap elemen yang tersedia pada templat desain sesuai keinginan, misalnya mengubah bentuk dan ukuran teks. Pengaturan elemen ini bisa diakses lewat menu yang terdapat di bawah kanvas.
  • Jika desain background Twibbon Natal 2022 dirasa telah pas, silakan tambahkan elemen bingkai foto padanya. Elemen tersebut diperlukan untuk menjadi tempat meletakkan foto nantinya.
  • Untuk menambahkan elemen bingkai foto, caranya klik ikon tambah dan pilih menu “Elemen”. Setelah itu, cari dan pilih bentuk elemen bingkai sesuai kebutuhan.
  • Letakkan elemen bingkai tersebut di desain background Twibbon Natal 2022.
  • Kini, Twibbon Natal 2022 telah berhasil dibuat di Canva dan dapat diunduh.

Ilustrasi cara mengedit elemen dan menambahkan bingkai foto pada desain Twibbon Natal 2022 di Canva.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengedit elemen dan menambahkan bingkai foto pada desain Twibbon Natal 2022 di Canva.

Setelah terunduh, Twibbon Natal 2022 bikinan sendiri itu dapat diunggah ke Twibbonize. Namun, sebelum mengunggah Twibbon Natal 2022 ke Twibbonize, background pada elemen bingkainya perlu dibuat jadi transparan terlebih dahulu.

Membuat background Twibbon transparan dibutuhkan supaya elemen bingkai dapat diisi dengan foto. Cara membuat background Twibbon transparan bisa dibaca lebih lanjut di artikel ini “Cara Membuat Background Twibbon Transparan”.

Baca juga: 45 Link Download Twibbon Hari HAM 2022 dan Cara Pakainya

Demikianlah penjelasan seputar cara membuat Twibbon Natal 2022 di HP via Canva. Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada iPhone dengan sistem operasi iOS 16.1.2. Beda wadah untuk mengakses mungkin bakal sedikit berbeda pula caranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com