Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realme Buka-bukaan Strategi Bisnis Smartphone di Indonesia Tahun Depan

Kompas.com - 21/12/2022, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Realme buka-bukaan soal strategi bisnis mereka di Indonesia untuk tahun 2023 mendatang. Strategi bisnis itu disebut "Spire", yang berarti bahwa Realme ingin menghadirkan produk baru dengan teknologi yang inovatif.

Realme mengatakan, ada tiga pilar utama dalam strategi mereka untuk menghadirkan teknologi yang inovatif. Ketiga pilar tersebut meliputi desain, pengalaman, dan performa.

Public Relations Manager Realme Indonesia, Krisva Angnieszca, mengatakan bahwa produk Realme di tahun depan akan mencakup ketiga pilar tersebut, tetapi salah satu di antaranya akan menjadi yang diunggulkan.

"Kami ingin memberikan teknologi yang benar-benar baru dan inovatif. Pilarnya ada tiga yang kami fokuskan, entah dari desain, performa atau pengalaman. Jadi bisa dipastikan produk Realme ke depan memiliki inovasi baru," kata Krisva di Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Public Relations Manager Realme Indonesia, Krisva AngnieszcaKompas.com/Lely Maulida Public Relations Manager Realme Indonesia, Krisva Angnieszca

Baca juga: Realme 10 Pro dan 10 Pro Plus Meluncur di Indonesia Awal 2023

Salah satu contoh produk yang merupakan implementasi strategi Spire yaitu Realme 10 Pro Plus, yang dikonfirmasi bakal rilis di Indonesia pada awal tahun depan. Smartphone ini menawarkan keunggulan layar melengkung (curved display) meskipun dikategorikan sebagai ponsel kelas menengah.

Menurut Realme, ponsel itu akan menjawab kebutuhan pengguna kalangan muda di Indonesia yang mengidamkan pengalaman premium dan flagship di ponsel kelas menengah. Di pasaran sendiri, ponsel dengan konsep tersebut tersedia untuk kategori high end.

"Dengan Realme 10 Pro Plus, kami mau memberi curve display. Selama ini mereka (konsumen) mungkin belum merasakan curve display di mid range. Itulah yang jadi target kami. Akhirnya kami bawa curve display ke mid range," ujar Krisva.

Realme 10 Pro Plus dipastikan rilis di Indonesia awal tahun 2023.KOMPAS.com/Lely Maulida Realme 10 Pro Plus dipastikan rilis di Indonesia awal tahun 2023.
Sebelumnya strategi Spire ini, Realme dikenal memiliki strategi bisnis dengan sebutan 5+1+T.

Maksudnya, setiap peluncuran produk baru Realme di Indonesia meliputi lima produk mencakup laptop, smart TV atau perangkat wearable seperti earphone TWS, smartwatch dan lainnya, satu ponsel serta T yang melambangkan Techlife, mencakup produk AIoT seperti smart air purifier dan lainnya.

Menurut Krisva, Spire merupakan strategi baru Realme yang ditujukan khusus untuk smartphone. Oleh karena itu, strategi ini bukan menggantikan strategi 5+1+T yang sudah diusung Realme sebelumnya.

Pangkas beberapa model ponsel

Sejalan dengan strategi baru yang dipaparkan di atas, Realme menyatakan bahwa perusahaan akan fokus pada ponsel model "number series", yaitu ponsel dengan penamaan yang menggunakan angka, seperti Realme 8, Realme 9, Realme 10, dll.

Adapun total model ponsel Realme saat ini terbagi dalam tiga kategori, meliputi number series, seri-Gt seri-C.

Nah, untuk tahun depan Realme akan memprioritaskan number series. Alasannya adalah untuk menunjang kebutuhan pengguna yang ingin merasakan pengalaman premium pada ponsel kelas menengah.

Baca juga: Realme 10s 5G Meluncur dengan Chipset Dimensity 810 dan Kamera 50 MP

"Tujuan dari Realme number series itu ingin memberikan pengalaman premium, flagship. Caranya dengan menghadirkan fitur-fitur yang ada di flagship," kata Krisva dalam kesempatan yang sama.

Selain meningkatkan fitur premium di lini seri menengah, Realme akan memfokuskan model ponsel number seriesnya pada beberapa varian saja. Hal ini ditempuh agar konsumen bisa lebih cepat dalam menentukan pilihan ketimbang banyak varian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com