Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seginikah Harga "Asli" Samsung Galaxy Z Fold 4?

Kompas.com - 21/12/2022, 09:04 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Agustus 2022 ini, Samsung merilis duo ponsel lipat terbarunya, yaitu Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Samsung Galaxy Z Flip 4.

Keduanya merupakan suksesor dari Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Samsung Galaxy Z Flip 3 keluaran 2021.

Selang empat bulan setelah dirilis, atau pada Desember ini, outlet media Nikkei Asia bersama perusahaan riset Jepang Fomalhaut Techno Solutions mempreteli jeroan Samsung Galaxy Z Fold 4.

Dari situ, ongkos produksi Samsung Galaxy Z Fold 4 dapat ditaksir, dari segi biaya suku cadang yang digunakan sebagai jeroan ponsel tersebut. Mulai dari layar OLED fleksibel, memori, baterai, serta chipset yang ada di dalam ponsel ini.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Z Fold 4: Z Fold 3 yang Lebih Enak Dipandang dan Dipegang

Menurut perkiraan Nikkei dan Fomalhaut Techno Solutions, biaya produksi satu unit Galaxy Z Fold mencapai 670 dollar AS atau sekitar Rp 10,4 juta.

Bila dihitung, perkiraan ongkos produksi itu sekitar 40 persen dari harga jual Galaxy Z Fold 4 yang dibanderol mulai Rp 25 juta hingga Rp 31 juta.

Menurut laporan Nikkei Asia, Samsung sebagai vendor asal Korea Selatan disebut lebih banyak mengandalkan komponen bikinan dalam negerinya sendiri dalam memproduksi Galaxy Z Fold 4. Adapun rasio komponen konten lokal Galaxy Fold 4 besarannya mencapai 50 persen.

Sebagai perbandingan, Nikkei Asia turut melaporkan bahwa ongkos produksi dua ponsel lipat pesaing Galaxy Z Fold, yaitu Huawei Mate Xs dan Xiaomi Mi Mix Fold juga tak beda jauh.

Keduanya masing-masing diperkirakan memiliki biaya produksi yang mencapai 30 persen dan 40 persen.

Bedanya, Huawei Mate Xs dan Xiaomi Mi Mix Fold lebih bergantung kepada suku cadang komponen dari pemasok Korea Selatan, bukan negara asalnya, China, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Nikkei Asia, Kamis (21/12/2022).

Peningkatan di Galaxy Z Fold 4

Ilustrasi S Pen untuk Samsung Galaxy Z Fold 4.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ilustrasi S Pen untuk Samsung Galaxy Z Fold 4.
Dengan kisaran harga Rp 25 juta hingga Rp 31 juta, Samsung Galaxy Z Fold 4 hadir dengan sejumlah peningkatan.

Mulai dari segi desain. Kini, bezel di layar utama (main screen) Galaxy Z Fold 4 sedikit lebih tipis lantaran panel layarnya lebih lebar 3 mm.

Tak haya di main screen, bezel di layar sekunder (cover screen) ponsel lipat ini juga turut lebih tipis karena panel layarnya lebih lebar 2,7 mm.

Dengan panel yang lebih lebar ini, area pandang dan ruang layar yang bisa dipakai pengguna otomatis akan lebih luas dibanding Galaxy Z Fold 3.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S23 Terungkap

Masih soal desain, layar Galaxy Z Fold 4 juga diklaim lebih kokoh dibanding generasi sebelumnya. Sebab, baik main screen dan cover screen ponsel lipat ini dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass Victus Plus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com