Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Umumkan DRAM DDR5 Versi Baru, Pertama Pakai Teknologi 12nm

Kompas.com - 22/12/2022, 15:02 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Samsung mengumumkan pembaruan produk DRAM 16 GB (DDR5) yang kini dirancang dengan teknologi fabrikasi 12 nanometer (nm). Ini merupakan DRAM DDR5 12nm pertama dari perusahaan. 

Sebelumnya, produk DRAM tersebut sudah tersedia di pasaran, namun, masih dirancang dengan teknologi 14nm EUV.

Executive Vice President of DRAM Product &Technology Samsung Electronics, Jooyoung Lee, mengatakan bahwa RAM dengan teknologi fabrikasi terbaru ini bakal menjadi produk yang bisa membantu DRAM DDR5 diadopsi masyarakat luas.

"Dengan performa dan efisiensi daya yang tinggi, kami menargetkan DRAM terbaru kami untuk mendukung berbagai kegiatan pengoperasian komputer di berbagai bidang, mulai dari data center, sistem komputasi modern, hingga sistem berbasis AI," jelas Lee, dikutip KompasTekno dari Samsung Newsroom, Kamis (22/12/2022).

Baca juga: Samsung Galaxy M04 Meluncur dengan Baterai dan RAM Jumbo

Seperti apa yang dikatakan Lee, DRAM DDR5 16 GB terbaru ini memiliki performa dan efisiensi yang ditingkatkan.

Hal ini bisa terwujud karena proses 12nm tadi bakal bisa menampung komponen DRAM menjadi 20 persen lebih banyak dari proses 14nm EUV.

Untuk aspek tenaga, produk DRAM DDR5 terbaru Samsung kini memiliki kecepatan hingga 7,2 Gbps, dan diklaim bisa memproses dua film beresolusi UHD dengan ukuran 30 GB dalam satu detik.

Sedangkan pada aspek daya, Samsung mengeklaim DRAM 16 GB terbarunya ini lebih hemat daya 23 persen dari generasi sebelumnya.

Fitur lainnya yang hadir di DRAM DDR5 ini mencakup dukungan penuh untuk sistem yang mengandalkan komponen-komponen dari AMD, serta dukungan untuk perangkat yang mengadopsi sistem dengan arsitektur AMD Zen.

Samsung tidak menyebutkan kapan DRAM DDR5 16 GB terbarunya ini tersedia di pasaran. Namun, mereka menargetkan bahwa komponen yang biasa mentenagai beberapa komputer modern ini bakal diproduksi secara massal pada 2023 mendatang.

Baca juga: Seginikah Harga Asli Samsung Galaxy Z Fold 4?

Setelah diproduksi, maka DRAM DDR5 16 GB yang dirancang menggunakan 12 nm ini lantas bakal tersedia di pasaran.

Selain memasarkan, Samsung juga mengatakan bahwa pihaknya bakal menggandeng sejumlah mitra industri untuk mempercepat adopsi produk DRAM terbarunya itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.