BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

Mengenal Teknologi Smart TV Kekinian, Bisa Nonton TV Tanpa Remote?

Kompas.com - 22/12/2022, 16:45 WIB

 

KOMPAS.com - Saat ini, perkembangan teknologi televisi (TV) semakin canggih. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran smart TV yang dapat terkoneksi dengan layanan internet.

Konektivitas tersebut membuat TV dapat digunakan untuk menikmati hiburan berbasis internet selayaknya yang biasa diakses lewat smartphone, seperti video di YouTube atau layanan streaming musik dan film.

Tak hanya itu, teknologi canggih membuat TV dapat diintegrasikan dengan perangkat lain, seperti smartphone atau smart home.

Dari segi pengoperasian, smart TV umumnya memiliki sistem operasi Android.

Lalu, apa saja spesifikasi dan fitur unggulan yang dimiliki smart TV kekinian? Simak ulasan berikut.

1. Dibekali sistem operasi Google TV

Google TV merupakan layanan antarmuka yang berjalan di perangkat berbasis Android, seperti smartphone, smart TV, dan yang terbaru di Google Chromecast.

Sejatinya, Google TV merupakan pembaruan dari Android TV. Dengan demikian, semua fitur dan teknologi yang dimiliki Android TV juga dimiliki oleh Google TV. Sebaliknya, teknologi yang dimiliki Google TV belum tentu dimiliki oleh Android TV.

Salah satu keunggulan Google TV adalah memiliki user interface (UI) dan user experience (UX) yang lebih ramah ketimbang Android TV.

Baca juga: Cari Bluetooth Speaker Aktif Berkualitas? Polytron Hadirkan PAS 10DF22 dan PAS 10D28

Sebagai contoh, smart TV dengan sistem Google TV umumnya sudah memiliki mic-on TV serta telah terintegrasi dengan Google Assistant. Hal ini membuat pengguna bisa memberikan perintah suara melalui Google Assistant, mulai dari meminta informasi, mencari film favorit, hingga mengontrol TV.

Dengan demikian, pengguna tidak memerlukan remote untuk mengganti saluran atau mencari saluran YouTube favorit. Pengguna cukup “mengobrol” dengan smart TV tersebut untuk memberikan perintah tertentu.

2. Resolusi 4K UHD

Saat ini, smart TV keluaran terbaru sudah memiliki resolusi layar 4K (3840 x 2160 piksel) ultra high definition (UHD) atau kerap disebut TV 4K. Resolusi ini empat kali lebih besar ketimbang TV full high definition yang beresolusi 1920 x 1080 piksel.

Baca juga: Rekomendasi Bluetooth Speaker Karaoke, Polytron PMA 9507 /BA Jadi Pilihan Terbaik

Bahkan, pada layar berukuran sama, TV 4K memiliki kualitas gambar yang lebih jelas dan detail berkat kerapatan piksel yang lebih besar. Hal ini membuat pengguna dapat merasakan pengalaman sinematik yang lebih menyeluruh saat menonton.

Terlebih, saat ini, sudah banyak penyedia layanan streaming yang menawarkan film atau konten video dengan resolusi 4K, seperti Netflix, Amazon Prime, dan Rakuten.

3. Audio dan visual imersif

Selain tampilan layar, smart TV terkini juga dibekali teknologi canggih yang membuat pengalaman menyaksikan tayangan menjadi imersif. Teknologi tersebut adalah Dolby Vision dan Dolby Atmos yang membuat suasana menonton di rumah layaknya bioskop.

Sebagai informasi, Dolby Vision adalah teknologi yang dapat menyesuaikan gambar pada setiap adegan dengan detail lebih tinggi dan akurasi warna lebih baik. Teknologi ini mampu menghasilkan gambar tayangan dengan kualitas tertinggi.

Baca juga: Harga Kulkas Polytron

Sementara itu, Dolby Atmos merupakan teknologi speaker untuk menghasilkan suara yang lebih nyata berdasarkan tata letak ruang multidimensi. Dengan demikian, suara yang dihasilkan subyek tayangan terdengar seperti suara aslinya.

4. Wifi dual-band

Smart TV kerap diandalkan untuk menikmati tayangan dengan resolusi tinggi, seperti streaming film 4K. Hal ini membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil.

Untuk menunjang kebutuhan tersebut, smart TV kekinian sudah mengadopsi penggunaan Wi-Fi dual-band. Ini merupakan teknologi Wi-Fi yang menggunakan dua frekuensi, yaitu 2,4 gigahertz (GHz) dan 5 Ghz.

Saat pengguna melakukan aktivitas ringan, smart TV akan menggunakan jaringan 2,4 GHz. Sementara itu, saat pengguna melakukan aktivitas berat, seperti menikmati tayangan 4K, smart TV akan mengalihkan jaringan ke 5 GHz.

Hal itu membuat Wi-Fi dual-band memiliki keunggulan ketimbang Wi-Fi single-band yang umumnya hanya menggunakan satu frekuensi, yakni 2,4 GHz.

5. Teknologi MEMC

Dalam beberapa waktu belakangan, teknologi Motion Estimation, Motion Compensation (MEMC) kerap digunakan pada perangkat TV pintar kelas atas.

Pasalnya, MEMC mampu menyesuaikan frame rate dengan refresh rate layar pada video, game, serta aplikasi. Singkatnya, teknologi ini berusaha menyisipkan frame tambahan yang dibuat selaras dengan gerakan animasinya.

Sebagai contoh, pengguna akan merasakan pengalaman menonton video atau tayangan animasi yang lebih mulus saat MEMC mengubah setelan tayangan YouTube dari 30 frame per second (fps) menjadi 60 fps. Begitu pula saat pengguna menikmati streaming film 4K.

Itulah daftar spesifikasi, teknologi, serta fitur terkini yang dimiliki smart TV keluaran terbaru. Semua teknologi tersebut dimiliki oleh Polytron 4K UHD Smart Cinemax Soundbar Google TV.

Smart TV teranyar Polytron itu juga dilengkapi dengan speaker soundbar terpisah. Speaker ini mampu menghasilkan suara yang menggelegar untuk memberikan pengalaman menonton yang mendebarkan.

Smart Cinemax Soundbar Google TV.DOK. Polytron. Smart Cinemax Soundbar Google TV.

Pengguna yang membeli Polytron 4K UHD Smart Cinemax Soundbar Google TV akan mendapatkan berbagai keuntungan.

Pertama, smart TV tersebut dilengkapi dengan garansi 5 tahun untuk memberikan rasa aman kepada konsumen. Garansi meliputi panel light emitting diodes (LED), kena petir, sparepart, jasa, dan remote TV.

Polytron juga memiliki layanan service center yang sudah tersebar di seluruh Indonesia agar pelanggan lebih nyaman dan bebas khawatir jika sewaktu-waktu ada masalah terhadap peranti yang digunakan.

Kedua, mendapatkan berbagai konten premium Mola selama 12 bulan, yakni Mola Kids, Mola Sports, Mola Movies, dan Mola Living. Tak hanya itu, pengguna juga dapat menikmati konten premium lainnya dari Vidio Platinum selama 6 bulan.

Sebagai informasi, Polytron 4K UHD Smart Cinemax Soundbar Google TV memiliki tiga varian ukuran, yakni 43 inci, 50 inci, serta 55 inci. Adapun harga Google TV Polytron itu masing-masing dibanderol Rp 4.799.0006 (43 inci), Rp 5.899.000 (50 inci), serta Rp 6.499.000 (55 inci).

Segera nikmati tayangan 4K berkualitas dengan kecanggihan spesifikasi, teknologi, serta fitur Polytron 4K UHD Smart Cinemax Soundbar Google TV. Anda bisa mendapatkan produknya sekarang di sini.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.