Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Siapkan Modul Kamera Telefoto dengan Zoom Optik hingga 9x?

Kompas.com - 29/12/2022, 19:03 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Perusahaan elektronik dan smartphone asal Korea Selatan, LG (via LG Innotek) dikabarkan bakal mengumumkan modul kamera terbaru buatannya yang memiliki fitur telefoto mumpuni di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2023 yang rencananya akan digelar 5-8 Januari 2023 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Modul kamera tersebut diklaim memiliki pembesaran optik (optical zoom) yang bisa berpindah antara mode pembesaran 4x hingga 9x. Dengan begitu, modul kamera telefoto ini berbeda dengan kebanyakan modul kamera sejenis yang ada di pasaran saat ini.

Untuk diketahui, kebanyakan smartphone yang ada di pasaran saat ini menggunakan hybrid zoom, yakni perpaduan antara pembesaran optik dan digital. Untuk beberapa smartphone, biasanya menggunakan kamera tunggal dengan zoom optik 2x, 3x, 5x, atau 10x. 

Sebut saja seperti modul kamera di Pixel 7 Pro yang hanya punya 5x optical zoom, atau Galaxy S22 Ultra yang punya dua kamera telefoto 3x dan 10x optical zoom tanpa kemampuan mode pembesaran optik fleksibel.

Namun, optical zoom di smartphone tersebut umumnya memadukan digital zoom 2,5x, 4,5x, atau sebagainya di tengah-tengah optical zoom. Walhasil resolusi gambar yang dihasilkan, biasanya akan menurun.

Nah, modul kamera yang dikembangkan LG nantinya, diklaim akan memiliki akuator atau penggerak zoom yang berfungsi untuk melakukan pembesaran optik yang mulus (continous) tanpa perantara pembesaran digital.

Hal ini memungkinkan kamera smartphone memiliki mekanisme kerja layaknya seperti fitur telefoto di kamera profesional (DSLR).

Baca juga: LG Ultra Tab Meluncur, Tablet Tangguh dengan Stylus

Hanya saja, LG harus menggunakan suatu trik, lantaran bodi smartphone sejatinya tak bisa menampung modul kamera telefoto yang standarnya memanjang ke depan.

Sama seperti modul kamera telefoto di smartphone kekinian, LG menggunakan teknik "melipat lensa" alias folded lens yang mengandalkan banyak prisma kaca.

Secara teknis, cahaya yang masuk ke dalam lensa kamera dipantulkan sedemikian rupa, sehingga pada akhirnya bisa menghasilkan efek pembesaran optik pada gambar yang dibidik. Mekanisme kerja modul kamera telefoto ini mirip dengan kamera periskop yang ada di kapal selam.

Selain pembesaran optik, modul kamera telefoto terbaru LG ini juga dibekali dengan fitur penstabil gambar optik (Optical Image Stabilizer/OIS).

Artinya, fitur OIS ini bisa membantu pengguna meredam guncangan ketika mereka melakukan aktivitas pemotretan dengan jarak yang cukup jauh dari obyek yang dibidik.

LG tidak mengumbar kapan atau smartphone apa yang bakal mengusung modul kamera telefoto terbarunya ini.

Baca juga: LG dan Corning Bikin Lensa Cair untuk Kamera Smartphone

Namun, mereka mengonfirmasi bahwa pihaknya akan berkolaborasi dengan Qualcomm, melalui chipset Snapdragon 8 Gen 2, untuk memperluas adopsi kamera telefoto terbarunya itu. Tujuan besarnya tak lain untuk membuat LG menjadi pemasok modul kamera nomor satu di dunia.

Saat ini, LG sendiri memiliki satu pelanggan kenamaan yang sudah memakai modul kamera buatannya, yaitu Apple.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Rabu (28/12/2022), ponsel terbaru buatan Apple, yang konon bakal bernama iPhone 15, dikabarkan bakal menggunakan kamera telefoto terbaru LG ini. Benarkah? Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com