Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

22 Fitur Baru WhatsApp, Mulai dari Keluar Grup Diam-diam Hingga Avatar

Kompas.com - Diperbarui 03/01/2023, 08:51 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp menjadi salah satu aplikasi layanan pesan instan yang mayoritas digunakan masyarakat. Demi memberikan pengalaman pengguna semakin baik, WhatsApp terus memberikan inovasi dan update terbarunya.

Salah satunya pembaruan dalam fitur-fiturnya. Setiap tahunnya WhatsApp merilis beragam fitur menarik. Sepanjang 2022 saja aplikasi pesan instan ini masif memberikan pembaruan terbaik untuk penggunanya.

Salah satunya fitur yang muncul pertengahan tahun ini yaitu kapasitas grup WhatsApp yang menjadi dua kali lipat lebih banyak. Semula hanya tersedia hanya 256 pengguna, kini grup percakapan WhatsApp dapat diisi hingga 512 orang.

Tak hanya itu masih banyak deretan fitur terbaru WhatsApp yang dirilis di 2022. Selengkapnya KompasTekno merangkum fitur-fitur terbaru WhatsApp yang dirilis sepanjang 2022.

Baca juga: Tampilan WhatsApp Grup Versi Desktop Berubah, Ada Foto yang Muncul

1. Sembunyikan "Last Seen" dari kontak tertentu

 

Fitur My Contacts Except untuk menyembunyikan status Last Seen di WhatsApp dari beberapa kontak tertentu.KOMPAS.com/Zulfikar Fitur My Contacts Except untuk menyembunyikan status Last Seen di WhatsApp dari beberapa kontak tertentu.

WhatsApp secara resmi merilis fitur “Last Seen” dari kontak tertentu pada Juni 2022 lalu. Fitur ini memungkinkan pengguna menyembunyikan status online pada pengguna tertentu. Menyembunyikan "Last Seen" pada pengguna tertentu berguna untuk melindungi privasi saat berkomunikasi via WhatsApp.

Fitur ini sebelumnya memang sudah hadir. Namun diketahui hanya dapat menyembunyikan “Last Seen” dari seluruh pengguna WhatsApp dan bukan kontak tertentu. Adapun cara menyembunyikan “Last Seen” WhatsApp dari kontak tertentu dapat mengikuti langkah-langkah di artikel berikut ini.

2. 3 Fitur baru voice note WhatsApp

Hasil tangkapan layar fitur voice note Whatsapp (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Hasil tangkapan layar fitur voice note Whatsapp (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

Masih di pertengahan tahun 2022, WhatsApp merilis tiga pembaruan terbaru dari fitur voice note-nya. Pertama fitur untuk mempercepat pesan suara, menjeda (pause) rekaman sebelum dikirim, hingga memutar pesan suara meski meninggalkan ruang obrolan.

Fitur tambahan lain yang juga hadir di voice note WhatsApp adalah "Ingat pemutaran" Jika Anda menjeda pesan suara, Anda dapat melanjutkan dari bagian terakhir yang Anda tinggalkan. Dan juga "Pemutaran cepat" yaitu memutar pesan suara dengan kecepatan 1,5x atau 2x.

Baca juga: 3 Fitur Baru Whatsapp untuk Voice Note, Sudah Coba?

3. Polling WhatsApp

Cara menggunakan fitur polling Whatsapp yang sudah hadir di Indonesia (KOMPAS.com/Caroline Saskia TanotoKOMPAS.com Cara menggunakan fitur polling Whatsapp yang sudah hadir di Indonesia (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto

November 2022 fitur jajak pendapat atau Polling hadir. Fitur ini tersedia di WhatsApp grup. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat daftar pilihan. Hal ini pun memudahkan sejumlah anggoya dalam mengambil keputusan.

Fitur Polling dapat diakses melalui menu attachment/lampiran yang ditandai dengan ikon penjepit kertas. Cara membuat Polling WA dapat mengikuti langkah-langkah pada tautan berikut ini.

4. Kapasitas grup WA menjadi 1024 orang

Cara hapus chat anggota di grup WhatsAppHT Tech Cara hapus chat anggota di grup WhatsApp

WhatsApp memberikan terobosan anyar masih di pertengahan tahun ini. Kini admin grup dapat menambahkan anggota grup WhatsAppnya hingga 1024 orang. Sebelumnya grup WhatsApp hanya dapat menampung 216 orang.

Dengan melebarnya kapasitas ini dapat memudahkan pengguna berkoordinasi dengan lebih banyak anggota lain.

Baca juga: Grup WhatsApp Bakal Tampung 1.024 Orang

5. Kirim file hingga 2 GB

WhatsApp uji fitur kirim file media hingga 2 GBWABetaInfo WhatsApp uji fitur kirim file media hingga 2 GB

September lalu WhatsApp merilis pembaruannya terkait pengiriman file. Sebelumnya WhatsApp hanya dapat mengirimkan file atau dokumen maksimal dengan ukuran 100 MB. Kini pengguna bisa mengirimkan file dengan ukuran maksimal 2 GB dalam sekali kirim. 

Baca juga: Pengguna WhatsApp di Indonesia Sudah Bisa Kirim File 2 GB

6. WhatsApp Cloud API

WhatsApp Cloud APIVerloop.io WhatsApp Cloud API

Kabar gembira bagi pemilik bisnis. Maret lalu WhatsApp Cloud API meluncur. Layanan ini dapat digunakan untuk semua skala bisnis dan tersedia gratis. WhatsApp Cloud API diklaim dapat membantu pelaku bisnis dan pengembang untuk mengoperasikan WhatsApp secara ringkas. 

Baca juga: WhatsApp Cloud API Resmi Meluncur, Tunjang Bisnis UMKM hingga Skala Besar

7. Joinable Call

Ilustrasi WhatsAppAnton Ilustrasi WhatsApp

Fitur ini rilis pada awal tahun ini. Pengguna bisa bergabung panggilan grup WhatsApp yang tak terjawab. Dengan Joinable Call pengguna bisa keluar dan masuk ke panggilan grup WhatsApp selama masih berlangsung secara bebas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com