Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Resolusi Layar HD, Full HD, Ultra HD, 2K, 4K, 8K, 10K di HP, TV, dan Lainnya

Kompas.com - Diperbarui 04/01/2023, 06:13 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Ketika membeli sebuah perangkat elektronik, seperti smartphone, TV, hingga atau laptop, pengguna akan selalu melihat spesifikasi layar yang beragam. Ketika berbicara mengenai layar, maka yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran dan resolusi.

Ukuran mengacu pada dimensi fisik layar, sementara resolusi merupakan jumlah informasi yang ditampilkan dalam batas ukuran. Ukuran layar diukur dengan satuan inci.

Karena layar biasanya berbentuk persegi panjang, pengukuran dilakukan dengan mempertimbangkan ukuran diagonal. Contoh layar berukuran 2,54 cm, itu artinya smartphone dengan layar 5 inci berukuran 12,7 cm (5 x 2,54).

Sementara resolusi menunjukkan berapa banyak piksel yang muat dalam layar. Piksel merupakan titik yang membentuk gambar, biasanya diatur dalam baris dan kolom.

Resolusi menentukan berapa banyak piksel yang ada di setiap baris dan setiap kolom. Contoh sebuah layar memiliki resolusi 1280x720, berarti menampilkan 1280 piksel per baris dan 720 piksel per kolom.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai resolusi layar, berikut KompasTekno telah merangkum macam-macam resolusi layar hingga perbedaannya.

Baca juga: Sony Uji Coba Resolusi Video 1440p di PS5

Macam-macam resolusi layar

Terdapat beberapa macam resolusi layar yang biasa diaplikasikan dalam perangkat-perangkat teknologi. Seperti smartphone, tablet, laptop, smart TV, dan berbagai perangkat lainnya.

HD (High Definition)

Layar perangkat teknologi yang memiliki resolusi HD, berukuran 1.280x720 piksel, yaitu hampir 1 juta piksel. Ukuran resolusi tersebut, banyak digunakan pada layar yang memiliki lebar 16:9.

Full HD

Layar dengan resolusi full HD, rata-rata memiliki kualitas gambar yang lebih baik daripada HD, karena memiliki rasio aspek 1.920x1080. Resolusi tersebut setara dengan lebih dari 2 juta piksel. Resolusi full HD banyak diaplikasikan dengan format layar sebesar 16:9.

2K

Resolusi 2K memiliki proporsi 2.048x1.080 piksel. Resolusi ini merupakan versi perantara full HD dan Ultra HD yang jarang sekali ditemukan di pasaran.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.