Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Umumkan Laptop Galaxy Book 2 Pro 360 Versi Snapdragon 8cx Gen 3

Kompas.com - 30/12/2022, 16:15 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Bulan Februari lalu, Samsung meluncurkan laptop Galaxy Book 2 Pro 360 yang ditenagai chip Intel Core i5 dan i7 generasi ke-12. Kini, perusahaan asal Korea Selatan itu mengumumkan Galaxy Book3 Pro 360 dengan varian chipset baru, yakni Snapdragon 8cx Gen 3.

Chipset tersebut dirilis tahun 2021 lalu. Snapdragon 8cx Gen 3 diklaim merupakan chip pertama untuk PC Windows yang dirancang dengan proses fabrikasi 5nm. Samsung bekerja sama dengan Qualcomm untuk mengoptialkan hardware dan software Galaxy Book3 Pro 360 ini.

Kartu grafis Adreno di laptop ini turut didukung DirectX 12 yang diklaim 60 persen lebih cepat dibanding chipset Snapdragon 8cx Gen 2. Chip ini diklaim bisa membawa peningkatan sebesar 85 persen untuk performa CPU multicore hingga peningkatan NPU (Neural Processing Unit) dengan efisiensi daya mencapai 29 TOPS.

Berkat chipset Qualcomm tersebut, Galaxy Book 2 Pro 360 disebut memiliki fitur konektivitas yang lebih mumpuni, termasuk dukungan 5G dan WiFi 6E. Laptop ini juga dibekali Secured-Core PC buatan Microsoft untuk meningkatkan perlindungan keamanan perangkat.

Baca juga: Samsung Perkenalkan 4 Laptop Galaxy Book Terbaru

Samsung Galaxy Book 2 Pro 360 versi Snapdragon ini punya spesifikasi yang hampir sama dengan versi Intel. Misalnya, sama-sama dirancang dengan desain yang ringan dan tipis.

Keduanya kompak dibekali layar seluas 13,3 inci (setara 33,7 cm), memiliki bobot seberat 1,04 kg, dan ketebalan 11,5 mm.

Seperti namanya, perangkat tersebut juga mengusung layar Super AMOLED yang dapat diputar hingga 360 derajat. Galaxy Book 2 Pro 360 merupakan laptop konvertibel high-end 2 in 1 yang bisa berfungsi sebagai laptop atau ditekuk 360 derajat hingga menyerupai tablet.

Laptop ini juga mendukung pen digital S Pen. Kehadiran S-Pen ini juga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pengguna.

Jadi, ketika layar perangkat diputar belakang hingga menyerupai tablet, S-Pen dapat digunakan untuk menggambar, menulis catatan di notes, ataupun membuat coretan-coretan lainnya yang tidak bisa dilakukan menggunakan keyboard.

Ilustrasi Samsung Galaxy Book 2 Pro 360 menggunakan S PenSamsung Ilustrasi Samsung Galaxy Book 2 Pro 360 menggunakan S Pen

Untuk baterai, Galaxy Book 2 Pro 360 diklaim dapat bertahan selama 35 jam untuk pemutaran video non-stop dalam sekali pengisian daya. Daya tahan baterai ini lebih lama dibanding model Intel sebelumnya, yang hanya bertahan sekitar 21 jam saja.

Baca juga: Samsung Luncurkan Galaxy Book Flex dan ION, Laptop Tipis Berlayar QLED

Pada sisi samping perangkat, terdapat tiga slot colokan yang terdiri dari colokan jack audio 3,5mm, USB-C, dan slot microSD. Fitur pendukung lainnya, antara lain webcam beresolusi 1.080 piksel, dual-4W stereo speakers, Dolby Atmos, dan pemindai sidik jari.

Laptop ini rencananya baru akan dirilis 16 Januari 2023 dengan harga mulai 1,89 juta won atau sekitar Rp 23,3 jutaan. Varian warna yang dihadirkan hanya satu, yakni Graphite.

Belum ada informasi lebih lanjut apakah perangkat ini akan diperkenalkan di luar pasar Korea Selatan atau tidak, sebagaimanan KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Jumat (30/12/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com