Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Liburan Akhir Tahun, Cek Aplikasi Prakiraan Cuaca hingga Pantau Kemacetan

Kompas.com - 31/12/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Tak terasa libur tahun baru 2023 telah tiba. Di waktu-waktu seperti ini, pergi liburan akhir tahun dengan mengunjungi tempat-tempat wisata bersama teman atau keluarga bisa menjadi pengalaman yang cukup menyenangkan.

Kendati bisa menjadi pengalaman menyenangkan, namun pergi berwisata untuk menghabiskan libur tahun baru 2023 bukan berarti tak ada potensi kendala. Beberapa kendala yang mungkin terjadi misalnya, seperti jalan macet dan hujan deras.

Baca juga: 7 Tips Foto Liburan dengan Smartphone Biar Makin Menarik

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kendala tersebut, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan. Bila hendak liburan akhir tahun, tak ada salahnya untuk membaca tips di bawah ini mengenai beberapa hal yang perlu dilakukan supaya perjalanan lancar.

Tips liburan akhir tahun

1. Cek aplikasi prakiraan cuaca

Salah satu aplikasi prakiraan cuaca yang bisa dipakai untuk menghindari cuaca ekstrem jelang tahun baru 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Salah satu aplikasi prakiraan cuaca yang bisa dipakai untuk menghindari cuaca ekstrem jelang tahun baru 2023.

Tips liburan akhir tahun yang pertama adalah cek aplikasi prakiraan cuaca sebelum pergi liburan. Ini penting dilakukan lantaran BMKG mengumumkan bahwa cuaca ekstrem dengan potensi hujan lebat diperkirakan bakal terjadi di beberapa wilayah hingga 2 Januari 2023.

Untuk mewaspadai potensi hujan lebat itu, sebaiknya cek aplikasi prakiraan cuaca. Di aplikasi prakiraan cuaca, Anda bisa mendapatkan informasi prakiraan curah hujan dan kecepatan angin untuk beberapa waktu ke depan.

Dengan informasi itu, Anda dapat menentukkan tanggal yang sekiranya tidak terdampak cuaca ekstrem. Informasi prakiraan cuaca bisa diperoleh di beberapa pilihan aplikasi. Daftar lengkap aplikasi prakiraan cuaca untuk pantau kondisi bisa dibaca di tautan ini.

2. Cek website destinasi wisata

Tampilan salah satu website untuk cek destinasi wisata Indonesia buat liburan akhir tahun.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan salah satu website untuk cek destinasi wisata Indonesia buat liburan akhir tahun.

Setelah menentukkan tanggal yang sekiranya aman dari potensi hujan lebat dari aplikasi prakiraan cuaca, Anda bisa mulai mencari destinasi wisata yang dapat dikunjungi selama libur tahun baru 2023.

Ragam destinasi wisata Indonesia bisa dicek melalui website “Indonesia.travel” atau “Indonesiajourney.id”. Kedua website itu menyediakan daftar destinasi wisata yang terdapat di berbagai wilayah, seperti Yogyakarta, Bali, Jayapura, dan sebagainya.

Bila masih belum punya tujuan liburan akhir tahun ke mana, cara cek destinasi wisata Indonesia melalui website “Indonesia.travel” atau “Indonesiajourney.id” bisa dibaca lebih lanjut pada tautan ini.

3. Pesan tiket wisata online

Ilustrasi cara bel tiket Dufan online via website Ancol.com.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara bel tiket Dufan online via website Ancol.com.

Di masa libur tahun baru 2023, tempat-tempat wisata biasanya bakal penuh dengan pengunjung. Oleh karena itu, seandainya sudah menetapkan hendak berkunjung ke mana, jangan lupa untuk membeli atau memesan tiket masuknya sebelum tanggal keberangkatan.

Baca juga: 3 Cara Membuat Kartu Ucapan Tahun Baru 2023 lewat HP dan Gratis

Itu penting dilakukan supaya tak kehabisan tiket masuk wisata di tanggal keberangkatan yang sudah direncanakan. Saat ini, beberapa tempat wisata sudah menyediakan sistem pembelian tiket secara online, seperti candi Borobudur, Taman Mini, Dufan, dan Jatim Park.

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata tersebut, cara pesan tiketnya bisa dibaca lebih lanjut di artikel-artikel ini:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com