Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Apple Bagikan Tips Jadi Orang Sukses, Salah Satunya "Jangan Lupa Bahagia"

Kompas.com - Diperbarui 06/01/2023, 06:21 WIB

KOMPAS.com - Pepatah mengatakan, "ada banyak jalan menuju Roma", termasuk dalam meraih kesuksesan. Mungkin, salah satunya adalah mengikuti kiat dari CEO Apple, Tim Cook.

Tujuh tahun lalu, ketika Cook sedang dalam perjalanan di India, orang nomor satu di Apple itu mendapat pertanyaan "apa resep menjadi orang sukses?" Cook lantas mengungkap tiga kunci utama yang ia yakini bisa diikuti oleh anak muda untuk menggapai kesuksesan.

"Lakukan yang kamu suka, geluti sepenuh hati, dan jangan lupa bahagia atau bersenang-senang," kata Tim Cook saat menghadiri acara Indian Premiere League tahun 2016 silam.

Baca juga: Tim Cook Jelaskan Alasan Apple Tolak Permintaan Google soal RCS

Lakukan saja apa yang kamu suka

Kunci pertama yang diungkap Cook adalah "do what you love" atau lakukan apa yang kamu sukai. Sebetulnya, kalimat ini terdengar klise.

Tidak sedikit motivator yang sering mengatakan ungkapan tersebut untuk menjadikan pekerjaan sebagai alat untuk mencapai tujuan yang bersifat sementara, seperti membeli sandang pangan, memenuhi gaya hidup, hingga tagihan-tagihan yang menggunung. Pola itu umumnya berlanjut hingga masa pensiun.

Namun, pernahkah ungkapan Cook tadi terlintas di pikiran saat melakoni rutinitas pekerjaan sehari-hari?

Bisa saja tidak, lantaran fokus utama bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bukan bekerja karena mencintai pekerjaan tersebut.

Menurut Cook, apabila seseorang menjalani pekerjaan yang dicintai, hal itu akan membuatnya lebih "hidup". Artinya, pekerjaan tersebut benar-benar dapat memberi makna yang mendalam terhadap kehidupan seseorang, meskipun ada sejumlah rintangan di dalamnya.

"Saran saya untuk Anda semua adalah, jangan bekerja untuk uang, itu akan cepat habis atau tidak akan pernah cukup. Anda tidak akan pernah bahagia," kata Cook yang juga pernah dia sampaikan saat mengisi acara di Universitas Glasgow.

Baca juga: Fantastis, Gaji dan Tunjangan yang Diterima Bos Apple Tim Cook pada 2021

Geluti pekerjaanmu sepenuh hati

Cook tidak menampik bahwa uang sangat penting. Yang dia maksud adalah bagaimana seseorang bisa memposisikan karir dan pekerjaan dalam jalur yang selaras demi mencapai misi hidup.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Inc.
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.