Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tim E-sports Terpopuler di Dunia 2022, Tiga dari Indonesia

Kompas.com - Diperbarui 03/01/2023, 06:46 WIB

KOMPAS.com - Platform pencatat statistik turnamen e-sports dunia, Escharts kembali merilis daftar 10 tim e-sports terpopuler di dunia untuk tahun 2022.

Sama seperti tahun sebelumnya, Escharts menyusun daftar ini berdasarkan durasi atau berapa lama tim-tim e-sports tersebut ditonton oleh para penggemarnya di seluruh penghujung dunia secara online.

Dalam kamus Escharts, istilah lama atau jumlah durasi tontonan ini biasa disebut dengan hours watched.

Baca juga: Sejarah E-sports di Dunia, Turnamen dan Game Pertama hingga Masuk Cabang Olahraga

Di tahun ini, ada tiga tim e-sports asal Indonesia yang masuk ke dalam daftar garapan Escharts tersebut. Mereka adalah RRQ Hoshi, Onic Esports, dan Evos Legends. Ketiga tim ini merupakan tim e-sports yang fokus di game Mobile Legends.

RRQ Hoshi berada di posisi kedua dalam daftar tim e-sports terpopuler di dunia 2022 versi Escharts. Tim ini juga sekaligus menjadi tim e-sports asal Indonesia yang paling banyak ditonton dari Onic Esports dan Evos Legends.

Secara total, tim yang biasa dijuluki "Sang Raja" ini ditonton sebanyak 88,2 juta jam oleh para penggemarnya sepanjang 2022.

Total hours watched yang diraih RRQ Hoshi tersebut bisa dibilang cukup wajar. Sebab, RRQ Hoshi rajin hadir di beberapa turnamen e-sports kenamaan di 2022 macam MPL ID Season 9 dan MPL ID Season 10.

Onic Esports menjadi juara Mobile Legends Professional League Invitational (MPLI) 2022 setelah mengalahkan rekan senegaranya, Geek Fam pada Minggu (6/11/2022)KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Onic Esports menjadi juara Mobile Legends Professional League Invitational (MPLI) 2022 setelah mengalahkan rekan senegaranya, Geek Fam pada Minggu (6/11/2022)

Untuk Onic Esports, tim yang identik dengan logo "landak" ini berada di posisi keenam sebagai tim e-sports terpopuler di dunia 2022 dengan total hours watched mencapai 56,2 juta jam.

Baca juga: RRQ Hoshi Masuk Final MPL S10 dan Booking Tempat di M4

Sedangkan Evos Legends berada di posisi kedelapan sebagai tim e-sports terpopuler di dunia 2022 dengan jumlah durasi tontonan mencapai 51 juta jam.

Adapun tim e-sports terpopuler di dunia sepanjang tahun ini adalah T1 dari game League of Legends. Tim asal Korea Selatan ini mampu mendulang hours watched mencapai 112,9 juta jam.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Escharts
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.