Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lipat Diramal Makin Laris Tahun Ini

Kompas.com - Diperbarui 11/01/2023, 05:54 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Penjualan smartphone layar lipat diramal bakal meningkat signifikan pada 2023 ini, menurut perusahaan riset Digital Supply Chain Consultants (DSCC).

Menurut DSCC, smartphone lipat akan menemukan momentumnya dan menjadi perangkat yang sangat populer. Prediksi ini didukung dengan data penjualan smartphone lipat pada kuartal III-2022 yang tumbuh positif, yaitu sekitar 5,2 juta unit.

Angka itu ditaksir bakal naik karena akan ada lebih banyak vendor ponsel yang ikut serta bersaing di pasar ponsel lipat.

Dengan begitu, akan ada lebih banyak model yang bisa dipilih oleh pengguna. Pasalnya, selama ini ponsel lipat didominasi oleh merek Samsung, meskipun beberapa merek lainnya turut menawarkan produk yang sama.

Baca juga: Samsung: Indonesia Sudah Jadi Pasar Ponsel Lipat yang Menjanjikan

DSCC menyebut, Google dan merek-merek ponsel lainnya akan turut meramaikan pasar ponsel lipat 2023 ini seperti Oppo melalui produk anyarnya Find N2 series, Xiaomi, Vivo hingga Motorola.

Dengan kondisi tersebut, DSCC memprediksi total pengiriman smartphone lipat pada tahun 2023 akan mencapai 17 juta unit.

Meski secara umum pasar ponsel lipat ditaksir meningkat di tahun ini, DSCC memprediksi bahwa penjualan ponsel lipat Samsung akan menurun, khususnya pada dua kuartal awal 2023.

Penurunan ini dikarenakan waktu rilis ponsel lipat Samsung yang berbeda dengan vendor lain.  Samsung biasanya merilis ponsel lipat jelang akhir tahun atau sekitar kuartal III, sementara kompetitornya merilis produk baru pada kuartal I dan II.

"Pangsa pasar Samsung diperkirakan akan turun signifikan di bawah 50 persen pada kuartal I-2023 dan II-2023 karena kurangnya produk baru, sementara para pesaingnya merilis perangkat baru," demikian keterangan DSCC dikutip KompasTekno dari laman resmi DSCC, Senin (2/1/2023).

Baca juga: Ponsel Lipat Oppo Find N2 Flip Resmi, Mirip Samsung Z Flip 4

Bisnis Samsung Display ikut terdongkrak

Terlepas dari penurunan pangsa pasar ponsel lipat bagi Samsung, DSCC memprediksi pangsa pasar Samsung Display - divisi Samsung yang khusus mengembangkan teknologi layar, naik dari 83 persen di tahun 2022 menjadi 88 persen di tahun 2023.

Sebab, semakin banyak vendor ponsel yang bergantung pada bisnis layar Samsung. Adapun BOE yang juga merupakan perusahaan produsen layar ditaksir menjadi pemasok layar lipat kedua setelah Samsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber DSCC


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.