Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Naikkan Harga Ganti Baterai iPhone, iPad, dan MacBook

Kompas.com - 03/01/2023, 13:05 WIB

KOMPAS.com - Apple menaikkan harga penggantian baterai untuk perangkat iPhone, iPad, dan Mac sebesar 20 dollar AS hingga 50 dollar AS (sekitar Rp 311.401 hingga Rp 778.502). Kenaikan harga ini akan efektif per 1 Maret 2023 di wilayah Amerika Serikat.

Pengumuman kenaikkan harga penggantian baterai tersebut telah tercantum di halaman resmi Apple wilayah AS.

Dalam laman resmi tersebut, harga penggantian baterai iPhone yang sudah lewat garansi resmi 1 tahun akan naik sebesar 20 dollar AS atau setara Rp 311.401.

"Biaya layanan baterai di luar garansi saat ini akan berlaku hingga akhir Februari 2023. Mulai 1 Maret 2023, biaya layanan baterai di luar garansi akan dinaikkan sebesar 20 dollar AS untuk semua model iPhone sebelum iPhone 14," tulis Apple di situs resminya.

Baca juga: Apple Putar Otak Bikin Strategi Harga Baru, iPhone 15 Plus Bakal Lebih Murah?

Pada 2018, Apple sempat menetapkan biaya ganti baterai iPhone seharga 29 dollar AS. Ini sebagai bentuk permintaan maaf Apple dan kompensasi atas skandal Apple yang sengaja memperlambat kinerja lini iPhone lawas melalui pembaruan sistem operasi.

Kemudian, sejak 2019 hingga saat ini, harga servis baterai iPhone lawas (iPhone SE, iPhone 8, dan model yang lebih lawas) di AS dipatok seharga 49 dollar AS (sekitar Rp 763.000).

Sedangkan, biaya penggantian baterai model iPhone yang lebih baru (iPhone X, iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13) di AS dipatok lebih mahal, yakni 69 dollar AS (sekitar Rp 1 juta).

Harga tersebut hanya akan berlaku hingga akhir Februari 2023. Sebab, per 1 Maret 2023, biaya ganti baterai iPhone akan disesuaikan sebesar 20 dollar AS menjadi 69 dollar AS dan 89 dollar AS.

Lini iPhone 14 series terbaru tidak masuk dalam penyesuaian harga baterai yang baru ini. Sebab, iPhone 14 masih dalam masa 1 tahun garansi dan harga servis penggantian baterai yang lebih tinggi (99 dollar AS) sejak awal.

Perlu dicatat, harga yang tertera di atas secara khusus berlaku untuk di pasar Amerika Serikat. Sebab, besaran kenaikkan biaya servis baterai iPhone ini tampaknya berbeda, bergantung dengan wilayah pasar.

Baca juga: Apple Tolak Servis iPhone Curian dan Dinyatakan Hilang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.