Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 11/01/2023, 06:32 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber BGR

KOMPAS.com - Tahun 2022 ada sejumlah gadget anyar Apple yang meluncur. Seperti Apple TV, AirPods Pro 2, iPad generasi 10 dan iPad Pro 2022, hingga iPhone 14 series.

Hadirnya serangkaian gadget terbaru Apple itu membuat sejumlah perangkat lama buatannya dipensiunkan. Tujuannya tak lain untuk memberi ruang produk yang lebih baru di masa yang akan datang, terutama yang akan dirilis tahun ini.

Dilansir KompasTekno dari BGR, Selasa (3/1/2023), setidaknya ada lima produk Apple yang produksinya sudah disetop mulai tahun lalu.

Dengan demikian, produk-produk ini tidak akan lagi ditemukan di pasaran untuk versi barunya. Apabila masih tersedia, kemungkinan adalah sisa stok atau produk bekas. Berikut adalah lima produk Apple produksinya disetop sejak tahun 2022.

Baca juga: Apple Raup Pendapatan Tertinggi untuk Pasar Smartphone Global

1. iMac 27 inci

Ilustrasi iMac 2019CNBC Ilustrasi iMac 2019

Bulan Maret lalu, Apple merilis Mac Studio dan Studio Display baru. Peluncuran dua perangkat itu turut menandakan akhir dari iMac 27inci yang diluncurkan tahun 2014 lalu. Artinya, iMac 27 inci tidak akan lagi ditemukan di toko online Apple.

iMac 27 merupakan komputer terakhir Apple yang ditenagai oleh prosesor Intel. Setelah iMac 27 tidak lagi diproduksi, iMac 24 inci dengan chip M1 menjadi satu-satunya komputer all-in-one yang dijual Apple saat ini.

2. Apple TV HD

Apple merilis Apple TV 4K dengan spesifikasi yang diperbarui. Apple Apple merilis Apple TV 4K dengan spesifikasi yang diperbarui.

Apple TV HD, perangkat yang diluncurkan pada tahun 2015 lalu, kini telah dipensiunkan. Perangkat ini mengandalkan chipset A8 yang dirancang dengan fabrikasi 64-bit.

Seperti namanya, perangkat ini menawarkan tampilan gambar streaming yang beresolusi HD. Akan tetapi, popularitas dari perangkat ini tergantikan oleh Apple TV 4K yang diluncurkan pada akhir 2022 lalu.

Apple TV HD mulanya dirilis sebagai Apple TV generasi keempat. Namun, namanya diubah menjadi Apple TV HD karena perangkat ini mendukung kualitas video 1080 piksel.

3. Apple Watch Series 3

Ilustrasi Apple Watch Series 3Foundry Ilustrasi Apple Watch Series 3

Bulan September 2022 lalu, Apple merilis Apple Watch Series 8 dan Apple Watch SE. Dengan peluncuran dua arloji anyar itu, perusahaan asal Cupertino, AS itu turut menyetop produksi Apple Watch Series 3.

Apple Watch Series 3 telah berumur sekitar lima tahun dan sudah mulai diperkenalkan sejak tahun 2017 lalu. Perangkat ini juga menjadi perangkat pertama bikinan Apple yang mendukung jaringan LTE.

Tidak hanya itu, dibandingkan arloji pintar (smartwatch) model sebelumnya, perangkat ini disebut memiliki daya tahan baterai yang lebih lama. Saat diluncurkan, Apple Watch Series 3 dibanderol 199 dollar AS.

Baca juga: Daftar Harga Apple Watch Ultra, Apple Watch Series 8, dan Apple Watch SE

4. Apple Watch Edition

Selain menyetop Apple Watch Series 3, Apple juga menghentikan produksi Apple Watch Edition yang sudah dirilis sejak tahun 2015 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber BGR


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com