Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2023, 19:05 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Konsol game generasi terbaru buatan Sony, PlayStation 5 (PS5) semakin laris di pasaran. Bahkan, PS5 merajai pasar konsol game di kandang kompetitornya, Xbox Series X.

Penjualan PS5 di Amerika Serikat (AS), tercatat mengungguli Xbox. Menurut riset pasar yang dilakukan oleh kantor berita game VGChartz, total penjualan PS5 di AS per November 2022 (sekitar 25 bulan setelah rilis) menyentuh angka 10,3 juta unit.

Angka tersebut lebih tinggi dibanding total penjualan Xbox Series X, yang digabung dengan Xbox Series S, dengan 9,3 juta unit. Ini artinya, total penjualan PS5 di AS 1 juta unit lebih banyak dibanding Xbox Series X/S.

Baca juga: Ketahui Berapa Lama Kamu Main Game PS4 dan PS5 Sepanjang 2022

Dengan total penjualan ini, pangsa pasar (market share) PS5 di AS tercatat mencapai 52,6 persen, lalu pangsa pasar Xbox Series X lebih rendah dengan 47,4 persen.

Total penjualan PS5 dan Xbox Series X/S di AS.VGChartz Total penjualan PS5 dan Xbox Series X/S di AS.
Kendati angka market share lebih rendah, pangsa pasar Xbox Series X di AS kini tumbuh 2,7 persen apabila dibandingkan pangsa pasar pada periode penjualan November 2021 lalu.

Di sisi lain, pangsa pasar PS5 tercatat menurun 2,7 persen apabila dibandingkan dengan pangsa pasar di periode penjualan per November 2021 lalu.

Artinya, total penjualan Xbox Series X di AS perlahan mulai mengejar total penjualan PS5, sehingga tak menutup kemungkinan performa penjualan konsol game Microsoft menang "di kandangnya sendiri" di masa depan.

Nah, meski penjualan PS5 dan Xbox Series X/S terus meningkat sejak perilisannya, performa penjualan kedua konsol game ini masih kalah saing dengan generasi pendahulunya masing-masing.

Dalam periode yang sama, atau sekitar 25 bulan setelah dirilis perdana, angka penjualan PS4 di AS tercatat lebih banyak 620.000 unit dibanding PS5.

Sementara total penjualan Xbox One disebut 570.000 unit lebih banyak dibanding Xbox Series X/S, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari VGChartz, Selasa (3/1/2023).

Baca juga: Paket Baru Pembelian Xbox Series S, Harga Tetap Sama

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber VGChartz


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.