Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Facebook Lite, Bagaimana Cara Download dan Login-nya

Kompas.com - 04/01/2023, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Media sosial Facebook memiliki aplikasi khusus untuk pengguna ponsel dengan spesifikasi "kentang" bernama Facebook Lite. Aplikasi ini serupa dengan aplikasi Facebook reguler, namun, memiliki ukuran file yang lebih kecil.

Ada sejumlah perbedaan antara Facebook Lite dengan aplikasi yang biasa. Facebook Lite merupakan aplikasi yang sengaja didesain untuk ponsel dengan kemampuan perangkat dan kualitas jaringan internet yang rendah.

Facebook Lite hanya membutuhkan ruang penyimpanan internal kurang dari 10 MB. Sedangkan aplikasi Facebook yang biasa, ukuran filenya sudah mencapai lebih dari 200 MB.

Jadi, ponsel yang tidak memiliki kapasitas penyimpanan internal terlalu banyak tetap dapat mengakses Facebook menggunakan Facebook Lite.

Baca juga: Facebook Pasrah Bayar Rp 11,3 Triliun Demi Tutup Skandal Cambridge Analytica

Selain ukuran yang lebih kecil, Facebook Lite juga memiliki tampilan yang lebih sederhana. Facebook Lite didesain dengan lebih ringkas dan tidak banyak animasi atau efek. Hal ini dibuat agar Facebook Lite dapat berjalan di banyak perangkat.

Dengan tampilan yang lebih sederhana dan ringkas, aplikasi Facebook Lite dapat berjalan dengan lancar di ponsel dengan spesifikasi rendah.

Selain itu, karena didesain untuk pengguna ponsel dengan kondisi jaringan yang "seadanya", Facebook Lite juga punya fitur untuk tidak menampilkan gambar atau video yang beresolusi tinggi.

Dengan fitur tersebut, Facebook Lite tidak akan banyak mengkonsumsi kuota paket data internet dan masih dapat berjalan lancar meski menggunakan jaringan 2G.

Ilustrasi tampilan Facebook LiteGoogle Play Store Ilustrasi tampilan Facebook Lite

Sehingga, hal tersebut kerap kali mempermudah pengguna membuka aplikasi lebih mudah dan tidak membutuhkan kualitas jaringan internet yang kuat untuk mengaksesnya.

Fakta menarik lainnya, aplikasi Facebook Lite tidak dibekali fitur untuk menampilkan gambar dan video yang beresolusi tinggi saat browsing di dalamnya.

Baca juga: Meski Bikin Rugi Induk Facebook, Proyek Metaverse Tetap Lanjut 2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.