Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/01/2023, 11:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|


KOMPAS.com - Laptop menjadi salah satu perangkat yang sering digunakan berbagai aktivitas sehari-hari. Masifnya penggunaan laptop dalam sehari-hari tentu tak terlepas dari beberapa error yang terjadi. Salah satunya laptop hang.

Hang pada laptop diartikan dengan sistem laptop yang tidak merespon atau macet dalam menanggapi perintah. Laptop hang bisa jadi mengarah pada salah satu sistem yang mengalami kerusakan.

Namun sebelum terburu-buru menuju service center, cobalah untuk mengatasinya sendiri. Berikut cara mengatasi laptop hang yang bisa dicoba terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Terhubung ke Hotspot

Cara mengatasi laptop hang

Tunggu beberapa menit

Terkadang laptop bisa tiba-tiba berhenti ketika sedang menjalankan program yang cukup berat, sehingga meningkatkan kinerja CPU dan beberapa komponen di dalamnya.

Akan tetapi, banyak orang mengira bahwa kemacetan yang saat itu terjadi pada laptop berlangsung secara permanen. Oleh karena itu, pengguna perlu menunggu beberapa menit untuk memastikan bahwa laptop akan pulih dalam beberapa menit.

Selama Anda menunggu dalam kurun waktu tersebut, laptop akan menyelesaikan beberapa program yang sedang berjalan.

Waktu tunggu ini bisa jadi sangat efektif bagi laptop Anda, karena dengan tidak menambahkannya tugas, laptop bisa menyelesaikan beberapa program yang sedang berjalan.

Akhiri beberapa program melalui Task Manager

Apabila cara pertama tidak berhasil, pengguna bisa mengakhiri beberapa program melalui task manager. Berikut langkah-langkah untuk mengakhiri program-program yang sedang berjalan.

  • Untuk perangkat Windows, tekan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan. Untuk Mac, tekan Command+Option+Escape secara bersamaan untuk membuka menu yang serupa pada Windows
  • Pilih opsi “Task Manager” atau “Pengelola Tugas” untuk melihat daftar program yang sedang berjalan
  • Klik kanan pada salah satu program seperti Microsoft Word, Microsoft Edge, Spotify, dan lain sebagainya
  • Pilih opsi “akhiri tugas”

Dengan mengakhiri tugas pada salah satu program yang sedang berjalan, laptop Anda tidak terlalu terbebani dan kemacetan dapat berakhir dalam beberapa menit.

Matikan paksa dan hidupkan kembali

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan adalah dengan mematikan paksa dan menghidupkannya kembali. Ini merupakan cara paling mudah yang bisa dilakukan. Akan tetapi coba dulu beberapa cara sebelumnya sebelum melakukan cara ini.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.