Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/01/2023, 11:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis


KOMPAS.com - Laptop menjadi salah satu perangkat yang sering digunakan berbagai aktivitas sehari-hari. Masifnya penggunaan laptop dalam sehari-hari tentu tak terlepas dari beberapa error yang terjadi. Salah satunya laptop hang.

Hang pada laptop diartikan dengan sistem laptop yang tidak merespon atau macet dalam menanggapi perintah. Laptop hang bisa jadi mengarah pada salah satu sistem yang mengalami kerusakan.

Namun sebelum terburu-buru menuju service center, cobalah untuk mengatasinya sendiri. Berikut cara mengatasi laptop hang yang bisa dicoba terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Terhubung ke Hotspot

Cara mengatasi laptop hang

Tunggu beberapa menit

Terkadang laptop bisa tiba-tiba berhenti ketika sedang menjalankan program yang cukup berat, sehingga meningkatkan kinerja CPU dan beberapa komponen di dalamnya.

Akan tetapi, banyak orang mengira bahwa kemacetan yang saat itu terjadi pada laptop berlangsung secara permanen. Oleh karena itu, pengguna perlu menunggu beberapa menit untuk memastikan bahwa laptop akan pulih dalam beberapa menit.

Selama Anda menunggu dalam kurun waktu tersebut, laptop akan menyelesaikan beberapa program yang sedang berjalan.

Waktu tunggu ini bisa jadi sangat efektif bagi laptop Anda, karena dengan tidak menambahkannya tugas, laptop bisa menyelesaikan beberapa program yang sedang berjalan.

Akhiri beberapa program melalui Task Manager

Apabila cara pertama tidak berhasil, pengguna bisa mengakhiri beberapa program melalui task manager. Berikut langkah-langkah untuk mengakhiri program-program yang sedang berjalan.

  • Untuk perangkat Windows, tekan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan. Untuk Mac, tekan Command+Option+Escape secara bersamaan untuk membuka menu yang serupa pada Windows
  • Pilih opsi “Task Manager” atau “Pengelola Tugas” untuk melihat daftar program yang sedang berjalan
  • Klik kanan pada salah satu program seperti Microsoft Word, Microsoft Edge, Spotify, dan lain sebagainya
  • Pilih opsi “akhiri tugas”

Dengan mengakhiri tugas pada salah satu program yang sedang berjalan, laptop Anda tidak terlalu terbebani dan kemacetan dapat berakhir dalam beberapa menit.

Matikan paksa dan hidupkan kembali

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan adalah dengan mematikan paksa dan menghidupkannya kembali. Ini merupakan cara paling mudah yang bisa dilakukan. Akan tetapi coba dulu beberapa cara sebelumnya sebelum melakukan cara ini.

Cara ini bisa dilakukan hanya ketika Anda tidak bisa membuka “Task Manager” atau “Pengelola Tugas”. Berikut cara untuk mematikan paksa dan menghidupkannya kembali.

  • Tekan dan tahan tombol daya hingga komputer mati
  • Tunggu beberapa saat untuk memberikan jeda sebelum laptop kembali bekerja
  • Tekan tombol daya kembali untuk menghidupkan kembali laptop
  • Beberapa tugas yang sedang dikerjakan dalam sebuah aplikasi, bisa jadi tidak dapat terselamatkan atau bisa juga pulih, tergantung pada setiap program yang sedang digunakan

Baca juga: 3 Cara Restart WiFi Saat Koneksi Internet Mengalami Gangguan

Lakukan pemindaian malware

Malware adalah jenis perangkat lunak yang sengaja dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, laptop, atau jaringan komputer. Oleh karena itu, ketika laptop mengalami kemacetan, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan melakukan pemindaian malware.

Pemindaian tersebut bertujuan untuk melihat apakah ada virus yang menyebabkan perangkat macet atau tidak. Anda bisa menggunakan Malwarebytes gratis dan biarkan program tersebut bekerja meminda hard drive Anda dan lihat apakah ada virus yang muncul.

Pantau overheating

Laptop yang memiliki panas berlebih juga bisa mengalami kemacetan. Laptop bisa dikatakan panas ketika suhunya mencapai 90 derajat celcius atau 194 derajat Fahrenheit.

Panas berlebih tersebut dapat disebabkan karena kipas pada perangkat Anda tidak bekerja akibat tertutup debu dan kotoran. Bersihkan debu dari komputer dengan kain lap.

Baca juga: 3 Cara Update WhatsApp Desktop di Laptop

Kemudian pastikan kipas laptop benar-benar berfungsi. Apabila masih tidak berfungsi, berarti ada komponen pendingin laptop yang perlu diganti.

Demikian cara mengatasi laptop hang yang bisa dicoba lebih dahulu. Apabila setelah mencoba cara tersebut laptop masih belum berfungsi normal, tidak ada salahnya untuk membawa ke layanan perbaikan. Semoga membantu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com