Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek 4 Hal Ini jika Ingin Nonton Netflix dengan Kualitas HD di HP dan Tablet

Kompas.com - 04/01/2023, 14:16 WIB

KOMPAS.com - Saat menonton film secara streaming di platform video on demand (VoD), seperti Netflix, pengguna cenderung ingin menikmati tontonan berkualitas tinggi atau high definition (HD).

Dengan kulitas HD, film dan serial Netflix bakal lebih jernih sehingga lebih memanjakan mata ketika menonton. Namun, ada beberapa hal yang wajib dicek lebih dulu, sebelum streaming film di Netlfix lewat HP atau tablet dengan kualitas HD. Apa saja?

1. Cek paket langganan

Saat ini, Netflix menawarkan empat jenis paket langganan di Indonesia, yaitu Mobile, Basic, Standard, dan Premium. Masing-masing paket langganan Netflix memiliki benefit, termasuk soal kualitas video.

Nah, untuk bisa menikmati film dan serial Netflix dengan kualitas tinggi, pengguna setidaknya harus berlangganan paket Netflix basic seharga Rp 120.000 per bulan. Dengan paket basic, pengguna bisa streaming Netflix hingga mentok dengan resolusi HD (720p) di HP, tablet, komputer, dan TV.

Baca juga: Cara Main Games di Netflix untuk Isi Libur Natal dan Tahun Baru

Pengguna juga bisa berlangganan paket Standard (Rp 153.000 per bulan) untuk menikmati streaming film Netflix dengan kualitas maksimal di Full HD (1080p).

Takhta paling atas, pengguna bisa memilih paket Premium (Rp 186.000 per bulan) untuk menonton Netflix dengan kualitas UltraHD (4K) dan HDR.

Nah, pengguna yang berlangganan paket Mobile (54.000 per bulan) tak bisa menikmati film Netflix dengan kualitas HD, sebab video yang didukung hanya mentok di kualitas standard definition (SD/480p).

Cara cek paket Netflix adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Netflix
  • Klik foto profil
  • Klik "Account"
  • Lihat "Plan details"

2. HP dan tablet harus mendukung Widevine L1

Cara cek dukungan Widevine L1 untuk streaming Netflix dengan kualitas HD di HP dan tablet.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara cek dukungan Widevine L1 untuk streaming Netflix dengan kualitas HD di HP dan tablet.
Bila sudah berlangganan paket yang mendukung kualitas video HD, pengguna selanjutnya perlu mengecek soal dukungan Widevine L1 di HP dan tablet.

Widevine merupakan bagian dari lisensi Manajemen Hak Digital (Digital Rights Management. DRM adalah layanan yang digunakan oleh layanan streaming seperti Netflix untuk melindungi konten mereka agar tidak disalin dan didistribusikan tanpa lisensi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.