Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Natal dan Tahun Baru, Trafik Broadband Telkomsel Naik 11,6 Persen

Kompas.com - 04/01/2023, 17:47 WIB

KOMPAS.com - Selama merayakan momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), trafik broadband dari Telkomsel tercatat tumbuh sebesar 11,6 persen dibandingkan hari biasa. Setidaknya begitulah laporan yang disampaikan oleh operator seluler Telkomsel.

Dengan total trafik layanan data (payload) 49,8 petabyte, angka tersebut tercatat 13 persen lebih tinggi dibandingkan momen Nataru 2022 sebelumnya. Kenaikan yang dialami juga tidak terlepas dari lonjakan aktivitas masyarakat dalam mengakses internet dan layanan digital.

Berdasarkan keterangan yang diterima KompasTekno, lonjakan layanan digital seperti media sosial naik mencapai 11,9 persen, layanan komunikasi 35,7 persen, video streaming sekitar 6,1 persen, mobile gaming 23,9 persen, dan browsing 79,8 persen.

Baca juga: Daftar Kode UMB Telkomsel, Mulai dari Beli Kuota Internet hingga Transfer Pulsa

Sementara itu, peningkatan aktivitas di beberapa media sosial juga mengalami pertumbuhan. Platform pengiriman pesan instan WhatsApp naik 32,9 persen, Instagram 24,6 persen, Facebook 6,5 persen, TikTok 11,3 persen, hingga layanan pengiriman pesan teks SMS juga ikut tumbuh sebesar 10,5 persen.

Kenaikan yang terjadi tidak jauh berbeda dengan prediksi Telkomsel sebelumnya. Hanya saja, layanan e-commerce dan suara mengalami justru penurunan masing-masing 0,3 persen dan 4,1 persen.

“Memasuki tahun yang baru ini, Telkomsel konsisten untuk terus bergerak maju dalam membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi seluruh masyarakat untuk lebih berdaya, dengan mengoptimalkan berbagai potensi melalui pemanfaatan teknologi digital yang hadir di setiap aspek kehidupan,” jelas Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki Hamsat Bramono.

BTS Telkomsel.Dok. Telkomsel BTS Telkomsel.

Selain peningkatan aktivitas di layanan digital, Telkomsel juga melaporkan sejumlah wilayah yang memberikan kontribusi terhadap kenaikan trafik broadband. Wilayah yang tumbuh paling tinggi adalah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, sebesar 41,7 persen.

Kemudian, wilayah kedua tertinggi disusul oleh Kabupaten Bogor, Jawa Barat sebesar 15,7 persen. Ketiga dari wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sebesar 15,3 persen, Kabupaten Deli Sedang, Sumatera Utara 15,22 persen, dan terakhir Kota Bekasi, Jawa Barat 11,06 persen.

Selanjutnya, untuk wilayah pegerakan pelanggan dari Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan sekitarnya) ke wilayah mudik, tercatat wilayah Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta tumbuh 2,9 persen, Jawa Barat 2 persen, dan Sumatera Utara serta Aceh naik 1,5 persen.

Mengantisipasi adanya lonjakan tersebut, Telkomsel sebelumnya sudah melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan untuk 493 titik wilayah prioritas di Indonesia, yang berpeluang mengalami pertumbuhan trafik secara signifikan.

Baca juga: Layanan Data Diprediksi Naik Saat Natal, Telkomsel Perkuat Jaringan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.