Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Charging Serupa Apple MagSafe Hadir di HP Android Tahun Ini

Kompas.com - 04/01/2023, 18:03 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Wireless Power Consortium (WPC) atau konsorsium untuk perangkat pengisi daya nirkabel, mengumumkan standar pengisian daya nirkabel baru yakni Qi2.

Standar ini diumumkan dalam pameran teknologi tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2023. Standar ini sekaligus akan menggantikan standar Qi yang sudah ada sebelumnya.

Standar baru tersebut akan membawa teknologi dan mekanisme wireless charging ala MagSafe milik Apple ke perangkat Android. Pasalnya, MagSafe dijadikan dasar dalam membuat standar Qi2.

"Qi2 akan menjadi standar global untuk pengisian nirkabel dan memberikan jaminan kepada konsumen serta pelaku retail," ungkap WPC saat mengumumkan standar Qi2.

WPC sendiri merupakan konsorsium yang terdiri dari 350 perusahaan teknologi dunia. Konsorsium ini bertujuan untuk mengembangkan standar pengisi daya nirkabel dan sumber daya nirkabel di seluruh dunia.

Baca juga: Wireless Charger 80 Watt Xiaomi Isi Baterai Penuh dalam 19 Menit

Perusahaan yang tergabung dalam WPC yaitu Samsung, Huawei, Google dan perusahaan teknologi kenamaan lainnya, termasuk Apple.

Menurut WPC, standar Qi2 akan hadir dengan dukungan Magnetic Power Profile. Dukungan ini menawarkan kompatibilitas yang lebih baik ketika perangkat dipasangkan ke charger nirkabel. Sayangnya WPC belum mengungkap spesifikasi standar Qi2.

Konsorsium itu hanya menyebutkan bahwa pengisian daya melalui standar Qi2 bisa mencapai kecepatan 15 watt. Ketika spesifikasi standar Qi2 rampung, kecepatannya akan menjadi lebih tinggi.

Apple MagSafe juga menawarkan output hingga 15 watt setelah mempertimbangkan aspek kecepatan dan kesehatan baterai. Untuk itu, standar Qi2 juga pada dasarnya mampu menawarkan output yang sama karena mengacu pada teknologi MagSafe.

Meski sudah diumumkan, charger nirkabel dengan standar Qi2 kemungkinan baru akan tersedia secara komersil pada akhir tahun 2023 ini.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.