Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Pamer Ponsel Konsep dengan Layar yang Bisa Dilipat dan Digeser

Kompas.com - 04/01/2023, 19:04 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ponsel lipat menjadi salah satu lini produk komersil andalan Samsung saat ini melalui seri Galaxy Fold dan Flip series. Namun, tampaknya Samsung masih akan mengeksplorasi desain lainnya yang lebih canggih.

Raksasa teknologi asal Korea Selatan itu memamerkan ponsel konsep dengan layar yang bisa dilipat dan digeser atau disebut Samsung Flex Hybrid.

Perangkat ini juga akan dipamerkan dalam pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) 2023.

Perangkat lipat konsep milik Samsung itu memiliki layar OLED 10,5 inci ketika dibentangkan. Namun layar bagian kanannya bisa digeser lagi, hingga menjadi 12,4 inci.

Dengan kemampuan itu, ponsel lipat konsep Samsung bisa menawarkan aspect ratio 4:3 dan 16:10.

Baca juga: Ponsel Lipat Diramal Makin Laris Tahun Ini

Flex Hybrid, ponsel konsep Samsung dengan layar yang bisa dilipat dan digeserSamsung Display Flex Hybrid, ponsel konsep Samsung dengan layar yang bisa dilipat dan digeser
Perlu dicatat bahwa perangkat ini merupakan perangkat konsep, bukan produk komersial yang akan dijual dalam waktu dekat.

Meski demikian, hal ini menunjukkan keseriusan Samsung mengembangkan teknologi layar untuk ponsel lipat di masa depan, meskipun perusahaan tak merinci kapan perangkat dengan teknologi layar ini akan hadir.

PC dengan layar yang bisa digeser

Tak hanya Flex Hybrid yang diterapkan pada ponsel lipat, Samsung juga memamerkan perangkat konsep dengan layar yang lebih besar.

Seperti Flex Hybrid, layar pada perangkat yang disebut Flex Slidable Duet juga bisa digeser, sehingga bentangnya menjadi lebih luas dibanding ukuran standarnya.

Menurut Samsung, konsep itu bisa diterapkan untuk laptop di masa depan.

"Samsung Display menghadirkan produk OLED yang inovatif di semua ukuran, kecil, sedang dan besar untuk memberikan gambaran tentang layar di masa depan," ungkap pihak Samsung Display, dikutip KompasTekno dari situs resmi Samsung, Rabu (4/1/2022).

"Di antara inovasi tersebut yaitu 'Flex Hybrid' yang menggabungkan kemampuan lipat dan geser dalam satu layar dan kemampuan layar geser berukuran besar (Flex Slidable Duet) yang akan menjadi prototipe laptop masa depan," lanjut Samsung.

Baca juga: Samsung Rilis Kulkas Pintar Family Hub Plus, Punya Layar 32 Inci

Samsung Flex Slidable Duet, konsep laptop dengan layar yang bisa digeserSamsung Display Samsung Flex Slidable Duet, konsep laptop dengan layar yang bisa digeser
Flex Slidable Duet sendiri memiliki total bentang layar 17 inci. Dalam kondisi normal, ukuran layarnya hanya sekitar 13-14 inci. Namun kedua sisinya bisa digeser, sehingga bentangnya menjadi 17 inci.

Perangkat ini sebelumnya sudah dipamerkan oleh Samsung Display dalam acara Intel Innovation 2022 pada September 2022.

Konsep geser sendiri terbilang baru di dunia layar dan PC. Sejauh ini, beberapa inovasi layar yang dikembangkan dan sudah diterapkan pada beberapa perangkat yaitu layar lipat atau layar gulung.

Namun, alih-alih layar lipat atau gulung, Samsung justru memilih layar geser untuk PC yang dikembangnya dengan Intel.

Adapun Intel dalam Intel Innovation 2022 memamerkan perangkat berlayar geser dengan mendemonstrasikan software Unison baru. Software ini berguna untuk menghubungkan komputer yang didukung Intel ke smartphone termasuk iPhone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com