Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur "Find My" di AirPods Dipakai untuk Lacak dan Ringkus Pencuri Mobil

Kompas.com - 04/01/2023, 19:16 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kepolisian Texas, Amerika Serikat berhasil menangkap pelaku pencurian mobil berkat bantuan fitur "Find My" di perangkat earphone AirPods milik korban.

Korban bernama Dawayne Arrington yang tinggal di daerah Leon Valley, San Antonio, Texas, ingin pergi ke gym untuk berolahraga sekitar pukul 04.30 waktu setempat, menggunakan mobilnya.

Saat keluar rumah, ia menyadari mobilnya telah hilang dicuri, dan barang-barang yang berada di mobil van kantornya telah hilang, salah satunya AirPods.

Baca juga: Cara Melacak iPhone Teman atau Keluarga yang Hilang dengan Find My

Arrington pun membuka aplikasi “Find My” di iPhone-nya untuk mengecek lokasi AirPods. Saat dicari, ternyata sistem menemukan bahwa lokasi dari earphone wireless tersebut berada di rest area truk jalan antar-negara bagian di AS, kurang lebih sekitar 24 kilometer.

“Saya menyadari bahwa AirPods (saya) hilang dan dengan segera membuka iPhone untuk melacaknya (AirPods),” ujar Arrington, dihimpun KompasTekno dari KSAT, Selasa (3/1/2023).

Arrington pun bergegas menuju lokasi AirPods nya berada. Sesampainya di lokasi, ia menemukan ada lima orang yang diduga pencuri sedang tidur di mobil. Tidak pakai lama, Arrington pun segera meminta bantuan kepolisian San Antonio, Texas.

Ilustrasi cara melacak AirPods yang hilang melalui Find My.apple.com Ilustrasi cara melacak AirPods yang hilang melalui Find My.
 

Melansir dari Apple Insider, Selasa (3/1/2023), para perampo terbangun dan menyadari keberadaan Arrington dan polisi. Empat dari mereka kabur dengan berlari, sementara salah satunya kabur dengan mobil.

Menurut Arrington, salah satu dari perampok tersebut berusaha meraih benda yang diduga pistol yang disimpan di sampingnya, dekat ikat pinggang.

“Saat saya mendekati dirinya, saya melihat bahwa ia sedang meraih sesuatu dari kantongnya dan itu tampak seperti senjata api berjenis kaliber kecil,” tutur Arrington.

Tim polisi langsung mengejar mobil pelaku dan berhasil menangkapnya, setelah melakukan pengejaran.

Baca juga: Fitur Sederhana iPhone Selamatkan Pengendara Mobil dari Dasar Jurang

Polisi langsung mengamankan seluruh aset hasil rampokan, termasuk AirPods milik Arrington. Selain itu, polisi juga menemukan lokas mobil Arrington yang dicuri yang berada di lokasi lain.

Kehadiran dari fitur “Find My” ini kembali membantu penggunanya saat menghadapi keadaan darurat.

Berbeda dengan fitur “Emergency SOS” atau “Crash Detection” yang hanya ekslusif di iPhone 14 saja, fitur “Find My” jauh lebih universal karena tersedia di seluruh perangkat iPhone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com